Kompas.com - 12/05/2021, 18:46 WIB
Ilustrasi membersihkan dapur, membersihkan lantai dapur. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan dapur, membersihkan lantai dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai dapur jangan sampai luput untuk dibersihkan. Namun, ada beberapa faktor yang menentukan seberapa sering Anda perlu membersihkan lantai dapur.

Faktor-faktor tersebut antara lain kondisi tempat tinggal Anda, kegiatan memasak, apakah Anda memiliki anak atau hewan peliharaan, hingga gaya hidup Anda.

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (12/5/2021), apabila Anda memiliki bayi yang sedang belajar atau aktif merangkak, anjing atau kucing, misalnya, mungkin perlu membersihkan lantai dapur lebih sering ketimbang mereka yang tidak punya anak kecil atau hewan peliharaan.

Baca juga: Ingin Dapur Selalu Bersih? Lakukan 6 Hal Ini Secara Rutin

Berikut ini penjelasan mengenai seberapa sering perlu membersihkan lantai dapur, dilihat dari jenis lantai yang digunakan di rumah atau apartemen Anda.

1. Lantai keramik atau ubin

Jika Anda saat ini tinggal dengan hewan peliharaan atau anak-anak, Anda harus membersihkan lantai dapur Anda setiap hari, kata Rochelle Wilkinson, pemilik Pembersihan Detektif Kotoran, sebuah layanan yang berbasis di Maryland, AS.

Menurut Wilkinson, usahakan mengepel keramik atau lantai keramik dua kali seminggu. Berpegang pada jadwal ini akan mengurangi frekuensi pembersihan mendalam lebih sering.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Lantai kayu

Lantai kayu harus jarang dibersihkan, yakni cukup hanya sekali seminggu, untuk menghindari kerusakan lapisannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Barang-barang di Dapur Tanpa Bahan Kimia

"(Lantai kayu) tahan lama, tapi sensitif," kata Krystle O'Brien, pemilik My Pristine Clean.

Karena kain pel tidak dapat menangani kelembaban dengan baik, O'Brien merekomendasikan penggunaan kain lap kering atau penyedot debu sebelum menyekanya dengan kain pel datar.

3. Pembersihan mendalam

Jika Anda memiliki jadwal sekali atau dua kali seminggu, Anda mungkin hanya perlu menggosok lantai dapur sekali sebulan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X