Kompas.com - 13/05/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi ikan hias di akuarium. PIXABAY/PEXELSIlustrasi ikan hias di akuarium.

JAKARTA, KOMPAS.com- Memelihara ikan hias di akuarium bisa jadi solusi untuk kamu yang hobi mengoleksi ikan hias, tetapi memiliki lahan terbatas di rumah.

Untuk sebagian orang, hobi mengoleksi ikan hias adalah hal menyenangkan karena dapat leluasa menciptakan dunia akuatikmu sendiri, lalu menghiasnya sesuai keinginan dan mengisinya dengan ikan-ikan hias favoritmu.

Baca juga: Bisakah Pakai Spons Dapur untuk Filter Akuarium Ikan Hias?

Selain itu, cara ini juga bisa dijadikan referensi untuk mendekorasi ruangan agar lebih hidup, bahkan memberikan ketenangan dan relaksasi setelah penat seharian bekerja atau beraktivitas di luar rumah.

Jika kamu adalah seorang pemula dalam hal memelihara ikan hias, penting untuk mengetahui jenis ikan hias apa saja yang perawatannya mudah, praktis, dan dapat bertahan hidup dalam lingkungan apa pun. 

Baca juga: Panduan Menangani Ikan Guppy yang Baru Dibeli

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yuk, mengenal lebih dalam tentang jenis ikan hias akuarium dengan perawatan mudah dan praktis untuk pemula melansir dari homestratosphere pada Rabu, (12/5/2021).

Goldfish

Tak dapat dipungkiri bahwa goldfish adalah salah satu jenis ikan hias akuarium yang paling populer. Selain bentuk dan warnanya menarik, perawatan goldfish mudah serta praktis. 

Baca juga: Panduan Feng Shui Meletakkan Akuarium Ikan di Dalam Hunian

Ikan yang berasal dari Dinasti Jin China (265-420 AD) ini tidak memerlukan banyak variasi untuk membuatnya lebih menarik karena bentuknya sudah cantik dan mencuri perhatian banyak orang. 

Goldfish juga memiliki lebih dari 200 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari, lionhead goldfish (dengan ciri khas penutup kepala), the telescope goldfish (dengan mata besar yang menonjol), the veitail (dengan ekor mekar layaknya kain yang menjuntai indah), dan the pompom (dengan tubuh bulat, pendek, dan sirip yang tebal).

Baca juga: 5 Pilihan Jenis Ikan yang Dapat Hidup Dalam Satu Akuarium

Guppy

Ikan guppyshutterstock Ikan guppy

Ikan guppy juga dikenal dengan sebutan ikan jutawan atau ikan pelangi. Guppy tergolong salah satu ikan hias air tawar paling populer yang dipelihara dalam akuarium.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X