Kompas.com - 30/07/2021, 13:33 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian. PEXELS/RODNAE PRODUCTIONSIlustrasi mencuci pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci menggunakan mesin cuci dapat menghemat waktu dan energi. Untuk itu, banyak orang yang mengandalkan mesin cuci untuk membersihkan atau mencuci pakaian kotor.

Akan tetapi, dalam proses mencuci pakaian tak boleh asal. Anda tidak bisa mencampur semua bahan pakaian saat mencuci menggunakan mesin cuci. 

Baca juga: 6 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

Seperti dilansir dari Martha Stewart, Jumat (30/7/2021), jika tidak hati-hati, bahan-bahan tertentu dapat merusak pakaian di dalam siklus pencucian.

Untungnya, menjaga pakaian tetap aman pada mesin cuci dan pengering mudah dilakukan dengan sedikit pekerjaan persiapan pra-laundry.

Sebelumnya, para ahli menguraikan jenis kain dan pakaian mana yang harus dihindari dicuci secara bersamaan dan bagaimana cara menghindari kesalahan sejak awal. 

Baca juga: 5 Manfaat Detergen selain Mencuci Pakaian 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulailah dengan menyortir cucian 

Gwen Whiting, salah satu pendiri The Laundress, menyarankan menyortir cucian kotor ke dalam kelompok agar tetap aman dari awal hingga akhir.

Tetap berpegang pada tiga kategori utama seperti barang sehari-hari (pikirkan katun dan sintetis tahan lama), warna (yang membutuhkan air dingin atau hangat), dan pakaian putih (yang membutuhkan air panas).

Seprai, handuk, dan seprai juga harus disortir berdasarkan warna, lalu dicuci, dan dikeringkan secara terpisah untuk menghindari kusut serta hasil akhir yang lembap. Jika memiliki bahan halus, sisihkan untuk dicuci dengan tangan. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian agar Tidak Kusut Berlebih 

Jauhkan pakaian denim, sangat kotor, dan berserat dari pakaian lain

Biasanya, cara terbaik adalah mencuci denim secara terpisah, terutama jauh dari kain halus. Sebab, ritsleting jeans dapat bergesekan dengan kain lain, terutama rajutan, dan dapat merusaknya.

Jika ada barang yang mengeluarkan serat, cucilah secara terpisah dari serat mikro, korduroi, atau kain lain yang menariknya. 

Baca juga: Simak, Manfaat Cuka Putih untuk Mencuci Pakaian

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.