Kompas.com - 19/04/2021, 04:08 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOWIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga adalah salah satu area penting di dalam rumah. Namun, banyak orang tidak mendekorasi ruang keluarga seefektif dan seefisien mungkin.

Meskipun sebaiknya dekorasi ruang keluarga sesuai dengan preferensi dan kepribadian penghuni rumah, namun tidak selalu dekorasi tersebut efisien menurut kaidah desain interior.

“Kami sering masuk ke rumah klien dan melihat semua furnitur menempel di dinding di ruang tamu,” kata desainer interior Anna Kroesser dari Kroesser + Strat Design seperti dikutip dari Apartment Therapy, Senin (19/4/2021).

Baca juga: 6 Benda Ini Bikin Ruang Keluarga Semakin Sempit

“Kami memahami bahwa orang berpikir itu akan membuat ruang terasa lebih terbuka, tetapi sebenarnya membatasi ruang, membuatnya terasa kurang mengundang, dan tidak memungkinkan untuk banyak opsi tata letak furnitur," ujar Kroesser.

Berikut ini beberapa kesalahan dekorasi ruang keluarga yang kerap dilakukan pemilik rumah menurut para desainer interior.

1. Menggunakan terlalu banyak furnitur berukuran besar

Desainer interior Michelle Lisac mengatakan, dia sering melihat klien menggunakan terlalu banyak furnitur besar di ruang keluarga.

"Orang cenderung berpikir mereka membutuhkan suite furnitur dengan sofa, kursi empuk, kursi yang serasi, dan meja kopi. Namun, di ruang keluarga pada umumnya, itu bisa sangat berlebihan dan terlihat terlalu sempit," jelas Lisac.

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman untuk Berkumpul

Sebagai gantinya, Lisac merekomendasikan untuk hanya menggunakan satu atau dua furnitur yang menonjol, yang akan membuka ruang secara visual. Bahkan ruangan kecil pun bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa perabotan berskala besar.

Pastikan Anda tidak memenuhi ruangan dengan barang-barang besar yang tidak benar-benar Anda perlukan atau tidak gunakan.

2. Tidak memiliki cukup tempat duduk

Dalam hal furnitur, jumlah dan variasi barang sama pentingnya dengan penempatan dan skalanya. Bagi desainer interior Kendall Wilkinson, tidak menyediakan tempat duduk yang cukup di ruang tamu Anda adalah kesalahan umum.

Kesalahan ini sering mengakibatkan tata letak yang tidak benar-benar berfungsi untuk keluarga dan tamu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X