Kompas.com - 18/04/2021, 17:34 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah Wavebreakmedia LtdIlustrasi membersihkan rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah dipandang sebagian orang merupakan beban karena melelahkan. Bagaimana tidak, menyapu, mengepel, mencuci piring, dan melipat pakaian bukan pekerjaan yang enteng.

Namun demikian, pernahkah Anda membayangkan bahwa sebenarnya membersihkan rumah bisa membantu Anda menghilangkan stres, menjernihkan pikiran, dan merasa lebih damai?

"Ketika kita dengan sengaja melakukan sesuatu dalam hidup kita dengan cara yang mengundang kemudahan dan kedamaian, itu akan terasa berbeda dibandingkan jika kita melakukan sesuatu karena stres atau kewajiban," kata Ariane Machin, seorang psikolog, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Kesalahan dalam Membersihkan Rumah

Menurut Machin, pendekatan terhadap apa yang kita lakukan memicu ketenangan di dalam sistem tubuh kita, meningkatkan aliran oksigen, dan membuat kita merasa lebih puas.

Kondisi seperti ini yang disebut dengan mindfulness. Namun, swperti apa sebenarnya latihan mindfulness itu?

"Kuncinya adalah melatih pikiran dan seluruh keberadaan Anda pada saat ini, tanpa penilaian, yang dapat menjadi alat yang hebat untuk menghentikan pikiran otomatis, berulang, dan tidak membantu," kata Erin Stair, seorang dokter.

Mengerjakan tugas-tugas kecil dan mudah juga dapat meningkatkan pandangan Anda pada tugas-tugas yang lebih besar dan lebih menegangkan. Sebab, menyelesaikan tugas sederhana seperti menyedot debu secara bersamaan mengalihkan otak dari pikiran yang membuat stres dan menghadiahinya dengan rasa pencapaian.

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Rumah yang Salah, Justru Bikin Kotor

"Otak Anda memiliki kesempatan untuk mengatur ulang dirinya sendiri, sehingga Anda dapat kembali ke aktivitas yang terlibat dengan perasaan tidak terlalu stres," sebut Jared Heatherman, seorang dokter.

"Ketika pikiran tidak terlalu stres, tubuh juga akan mengikutinya dengan penurunan detak jantung dan tekanan darah yang terukur," imbuhnya.

Pada akhirnya, ini berarti melakukan pekerjaan sehari-hari tidak hanya diperlukan, tetapi juga menyehatkan pikiran dan tubuh Anda.

Lain kali Anda dihadapkan dengan membersihkan debu, melipat cucian, atau tugas lain yang lebih ingin Anda tunda, pertimbangkan manfaat memberikan pikiran Anda istirahat dari segala hal dan fokus hanya pada tugas yang ada.

Semakin Anda dapat menemukan kepuasan dalam pekerjaan kecil yang dilakukan dengan baik, semakin baik tubuh dan pikiran Anda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X