Kompas.com - 18/04/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi kutu. PIXABAY/CLAUDIA WOLLESENIlustrasi kutu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu adalah hama serangga yang kehadirannya tidak diinginkan di rumah. Kutu meminum darah dan bisa menyebabkan iritasi, sehingga meninggalkan bekas merah pada kulit.

Selain itu, kutu dapat menularkan cacing pita dan jenis kutu tertentu dapat menularkan penyakit Lyme. Selain manusia, kutu juga bisa menyerang hewan peliharaan Anda, seperti anjing dan kucing.

Namun demikian, pada dasarnya seperti hama lainnya, kutu bisa diusir dengan bau dari tanaman tertentu. Dengan menanam tanaman-tanaman ini di halaman rumah, Anda dapat mengurangi jumlah kutu yang bisa masuk ke dalam rumah, serta menghindari masalah infestasi dan penyakit.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Kebul pada Tanaman, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Nah, apa saja tanaman pengusir kutu yang bisa ditanam di pekarangan rumah Anda? Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (18/4/2021), berikut daftarnya.

Ilustrasi tanaman rosemary.PEXELS/KAROLINA GRABOWSKA Ilustrasi tanaman rosemary.

1. Rosemary

Rosemary merupakan tanaman herbal wangi yang dapat mengusir kutu. Minyak esensial rosemary kerap digunakan dalam upaya pengusiran hama.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rosemary memiliki aroma yang begitu kuat, sehingga Anda bisa menaburkan ranting tanaman ini di sekitar taman untuk mencegah serangan hama.

Tanaman ini juga mampu mengusir kutu daun, tungau, dan lalat.

Baca juga: 5 Hama yang Sering Mengganggu Tanaman, Kutu Daun hingga Siput

2. Artemisia

Apsintus, juga dikenal sebagai Artemisia, adalah tanaman yang memiliki dedaunan perak yang lebat. Daunnya aromatik dan mencegah kutu dari halaman rumah.

Selain sebagai pengusir kutu dan ngengat, artemisia dapat digunakan untuk membuat teh dan merupakan bahan utama absinth.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X