Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Peringatkan Warganya Pertimbangkan Kembali jika Ingin Pergi ke China

Kompas.com - 04/07/2023, 14:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

BEIJING, KOMPAS.com - AS merekomendasikan warganya untuk mempertimbangkan kembali bepergian ke China karena penegakan hukum yang sewenang-wenang, larangan keluar, serta risiko penahanan yang salah.

Tidak ada kasus khusus yang dikutip, tetapi rekomendasi itu datang setelah seorang warga negara AS berusia 78 tahun dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan mata-mata pada bulan Mei.

Hal itu mengikuti pengesahan UU Hubungan Luar Negeri minggu lalu yang mengancam tindakan balasan terhadap mereka yang dianggap merugikan kepentingan China.

Baca juga: Vietnam Larang Film Barbie karena Tampilkan Peta Laut China Selatan

Dilansir dari Associated Press, China juga baru-baru ini mengesahkan undang-undang kontra spionase yang ditulis secara luas yang telah membuat komunitas bisnis asing takut, dengan kantor-kantor digerebek, serta undang-undang untuk memberikan sanksi kepada kritikus asing.

“Pemerintah Republik Rakyat China secara sewenang-wenang menegakkan undang-undang setempat, termasuk mengeluarkan larangan keluar bagi warga negara AS dan warga negara dari negara lain, tanpa proses yang adil dan transparan berdasarkan undang-undang tersebut,” kata penasehat AS.

"Warga negara AS yang bepergian atau tinggal di RRC dapat ditahan tanpa akses ke layanan konsuler AS atau informasi tentang dugaan kejahatan mereka,” tulis peringatan itu.

Penasihat itu juga mengatakan bahwa otoritas China tampaknya memiliki keleluasaan luas untuk menganggap berbagai dokumen, data, statistik, atau materi sebagai rahasia negara dan untuk menahan dan menuntut warga negara asing atas tuduhan spionase.

Mereka mencantumkan berbagai potensi pelanggaran mulai dari ikut serta dalam demonstrasi hingga mengirim pesan elektronik yang mengkritik kebijakan China atau bahkan hanya melakukan penelitian ke area yang dianggap sensitif.

Larangan keluar dapat digunakan untuk memaksa individu untuk berpartisipasi dalam penyelidikan pemerintah China, menekan anggota keluarga untuk kembali dari luar negeri, menyelesaikan perselisihan sipil demi warga negara China dan mendapatkan pengaruh tawar-menawar atas pemerintah asing.

Nasihat serupa dikeluarkan untuk wilayah China semi-otonom di Hong Kong dan Makau.

Baca juga: AS Resmi Gabung UNESCO Lagi, China dan Rusia Menolak

AS telah mengeluarkan nasihat serupa kepada warganya di masa lalu, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini, AS fokus memperingatkan tentang bahaya terjebak dalam penguncian yang ketat dan lama sementara China menutup perbatasannya selama tiga tahun di bawah kebijakan nol-Covid.

China menanggapi dengan marah atas apa yang dianggapnya sebagai upaya AS untuk meragukan sistem otoriter yang dipimpin Partai Komunis.

Baca juga: Balon Mata-mata China Diduga Pernah Terbang di Atas Jepang dan Taiwan

Bahkan, negara itu telah mengeluarkan nasihat perjalanannya sendiri tentang AS, memperingatkan bahaya kejahatan, diskriminasi anti-Asia, dan tingginya biaya bantuan medis darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com