Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-495 Serangan Rusia ke Ukraina: Taktik Ukraina Perkuat Utara, Situs Berita Pro-Wagner Ditutup

Kompas.com - 04/07/2023, 07:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KOMPAS.com - Siapa menyerang, siapa di atas angin? Saling klaim satu sama lain membuat konflik Rusia-Ukraina semakin rumit.

Tapi yang pasti, pertempuran belum berakhir. Dilansir dari Al Jazeera, berikut rangkuman hari ke-495 serangan Rusia ke Ukraina, Senin (3/6/2023).

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Ibu Nahel Salahkan Polisi Perancis | Bos Wagner Dapat Miliaran Rubel

SITUASI PERANG

- Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan situasi konflik kian rumit. Pasukan Ukraina maju dengan keberhasilan sebagian di sisi selatan Bakhmut di timur dan dekat Berdyansk dan Melitopol di selatan. Namun, Maliar mengatakan pasukan Rusia membuat kemajuan di Avdiivka, Marinka, Lyman dan Svatove di Ukraina timur di tengah pertempuran sengit.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengadakan pertemuan pejabat tinggi komando militer dan energi atom negara itu di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Rivne di Ukraina utara dekat perbatasan dengan Belarus untuk membahas keamanan wilayah utara dan langkah-langkah untuk memperkuatnya.

- Dalam perjalanan ke kota pelabuhan selatan Odesa, Zelensky berjanji untuk mengintensifkan upaya merebut kembali tanah yang diduduki Rusia di selatan Ukraina.

WAGNER

- Dmitry Kiselyov, tokoh televisi terkemuka Rusia, mengatakan bahwa bos Grup Wagner Yevgeny Prigozhin telah keluar jalur setelah operasi pasukan tentara bayaran di Suriah, Afrika dan Ukraina, dan menerima miliaran dana publik.

- Yevgeny Zubarev, direktur situs berita terkemuka RIA FAN, mengatakan bahwa saluran tersebut akan ditutup. RIA FAN adalah bagian dari grup Media Patriot Prigozhin dan telah mengambil garis editorial pro-Kremlin yang sangat nasionalis, sekaligus memberikan liputan positif tentang Prigozhin dan Wagner.

Baca juga: Vietnam Larang Film Barbie karena Tampilkan Peta Laut China Selatan

- Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), William Burns, mengatakan perang Rusia di Ukraina memiliki efek korosif pada Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan ketidakpuasan atas konflik menciptakan kesempatan sekali dalam satu generasi untuk agen mata-mata AS.

DIPLOMASI

- Presiden AS Joe Biden akan menuju ke Eropa pada 9 Juli dalam kunjungan tiga negara selama lima hari untuk menghadiri KTT tahunan NATO, yang tahun ini berlangsung di ibu kota Lithuania, Vilnius. Dia akan singgah di Inggris sebelum menuju ke Lituania dan mengakhiri turnya di Finlandia, kata Gedung Putih.

- Utusan kepausan Kardinal Matteo Zuppi mengatakan misinya ke Moskwa pekan lalu berfokus terutama pada masalah kemanusiaan. Zuppi bertemu dengan seorang penasihat Putin serta kepala Gereja Ortodoks Rusia. Semua pertemuan itu menurutnya penting, terutama dalam aspek kemanusiaan. Tidak ada rencana perdamaian atau mediasi.

Baca juga: Rusia Akan Pangkas Ekspor Minyak 500.000 Barel Per Hari pada Agustus

- Polandia mengatakan akan mengirim 500 petugas polisi untuk memperketat keamanan di perbatasannya dengan Belarusia. Menteri Dalam Negeri Mariusz Kaminski mengatakan keputusan itu mencerminkan situasi tegang di perbatasan. Penjaga Perbatasan Polandia mengatakan 187 orang telah mencoba menyeberang ke Polandia dari Belarusia secara ilegal pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com