Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Ukraina Terkini: Rusia Terus Maju di Utara dan Selatan, Rebut 3 Permukiman

Kompas.com - 16/05/2024, 10:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KHARKIV, KOMPAS.com - Pasukan Rusia pada Rabu (15/5/2024) merangsek maju ke utara dan selatan Ukraina, merebut tiga permukiman termasuk desa Robotyne.

Desa tersebut secara simbolis penting setelah direbut kembali oleh Ukraina pada 2023.

Dalam seminggu terakhir, tentara Ukraina berada di bawah tekanan kuat melawan serangan Rusia di Kharkiv ketika kekurangan amunisi.

Baca juga: Rusia Jatuhkan 17 Drone Ukraina yang Sasar Depot Bahan Bakar

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, unit tentaranya sepenuhnya merebut desa Robotyne, Glyboke, dan Lukyantsi di Kharkiv, Ukraina timur laut.

Ukraina pada Rabu menarik mundur pasukannya dari beberapa permukiman di Kharkiv ketika penembakan besar-besaran terjadi di sepanjang perbatasan, kemudian mengerahkan bala bantuan.

Baca juga:

Robotyne adalah salah satu dari segelintir desa yang direbut kembali oleh Ukraina dalam serangan balasan tahun lalu, dan bermaksud menjadikannya tonggak pembuka jalan untuk maju ke Melitopol.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi desa tersebut pada Februari 2024 dan memuji perebutannya kembali sebagai keberhasilan besar dalam operasi yang sempat mundur.

Baca juga: Estonia Serius Ingin Kirim Pasukan ke Ukraina, tapi Bukan untuk Tempur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com