Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Jatuhkan 29 Drone Rusia dalam Semalam, Targetkan Barat, Tengah, dan Selatan

Kompas.com - 20/05/2024, 19:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MYKOLAIV, KOMPAS.com - Ukraina pada Senin (20/5/2024) mengatakan, pasukannya menembak jatuh 29 drone Rusia dalam semalam yang menargetkan wilayah di barat, tengah dan selatan negara itu.

Gubernur Mykolaiv mengatakan, puing-puing dari salah satu drone merusak kediaman pribadi dan menyebabkan seorang wanita mengalami luka bakar.

Angkatan udara Ukraina melaporkan, sistem pertahanannya mencegat drone Shahed buatan Iran di Poltava (tengah), Odessa (selatan), dan wilayah Lviv (barat) yang berbatasan dengan Polandia.

Baca juga: Ukraina Klaim 492.290 Tentara Rusia Tewas sejak Perang 2022

Rusia juga menembakkan rudal balistik Iskander ke Kharkiv di Ukraina timur, lokasi pasukan Moskwa baru-baru ini melancarkan serangan darat dan merebut beberapa desa.

Sementara itu, serangan udara Rusia terhadap infrastruktur energi Ukraina memaksa penyedia layanan melakukan pemadaman bergilir untuk membatasi konsumsi.

Kementerian Energi Ukraina pada Senin memperingatkan, akan ada pemadaman baru dan Ukraina bakal kembali mengimpor listrik dari negara-negara tetangganya yaitu Romania, Slovakia, dan Polandia.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com