Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina-Rusia Saling Bertukar Serangan Drone, Korban Berjatuhan

Kompas.com - 19/05/2024, 20:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ABC News

MOSKWA, KOMPAS.com - Kedua negara yang sedang berperang ini saling bertukar serangan drone. Ada puluhan drone yang diluncurkan Rusia dan Ukraina.

Rusia sendiri telah menembak jatuh sekitar 60 drone dan beberapa rudal di wilayahnya, sementara Ukraina mengatakan pihaknya menghancurkan lebih dari 30 drone Rusia.

Setidaknya empat orang dilaporkan tewas dalam serangan di pinggiran Kharkiv pada Minggu (19/5/2024) ketika Rusia terus melanjutkan serangannya di wilayah timur laut Ukraina.

Baca juga: Kharkiv Jadi Kota Kedua Ukraina yang Sering Diserang Drone Rusia

Pertahanan udara Rusia menembak jatuh 57 drone Ukraina di wilayah selatan Krasnodar semalam, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Pejabat militer setempat mengatakan puing-puing drone menghantam kilang minyak di kota Slavyansk-on-Kuban, namun tidak ada kebakaran atau kerusakan.

Kantor berita Astra menerbitkan video yang menunjukkan ledakan di kilang karena dihantam drone. Namun, video-video tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen.

Sebagaimana diberitakan ABC News, sembilan rudal balistik jarak jauh dan sebuah drone hancur di Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.

Serangan itu menyusul serangan besar-besaran drone Ukraina pada Jumat pagi yang memutus aliran listrik di kota Sevastopol.

Tiga pesawat tak berawak lainnya ditembak jatuh di wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina.

Menurut Gubernur daerah Vyacheslav Gladkov, atap gereja terbakar akibat jatuhnya puing-puing drone, namun tidak ada korban jiwa.

Gubernur wilayah Kherson yang sebagian diduduki Rusia, Vladimir Saldo, mengatakan bahwa satu orang tewas dan 16 lainnya luka-luka ketika sebuah drone Ukraina menabrak sebuah minibus pada Minggu pagi.

Pejabat angkatan udara Ukraina mengatakan pertahanan udara menembak jatuh seluruh 37 drone Rusia yang diluncurkan ke negara itu semalam.

Sedangkan di wilayah Kharkiv, Gubernur regional Oleh Syniehubov mengatakan pada Minggu pagi bahwa satu orang tewas dan 11 lainnya luka-luka akibat penembakan pada hari sebelumnya.

Baca juga: Serangan Drone Ukraina Sebabkan Kebakaran di Kilang Minyak Volgograd Rusia

Sementara pada Minggu malam, Syniehubov mengatakan empat orang tewas dan 15 lainnya luka-luka dalam serangan Rusia di pinggiran ibu kota regional, yang juga disebut Kharkiv.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com