Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Nyawa PM Slovakia Tak Lagi dalam Bahaya

Kompas.com - 19/05/2024, 18:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

BRATISLAVA, KOMPAS.com - Beberapa hari yang lalu, Perdana Menteri Slovakia Robert Fico dalam upaya pembunuhan. Dia ditembak oleh seorang pria pada Rabu (15/5/2024).

Fico kemudian dirawat di rumah sakit karena perutnya ditembak sebanyak empat kali dan mengalami kritis.

Tetapi, Wakil Perdana Menteri Robert Kalinak pada Minggu (19/5/2024) memberikan pernyataan bahwa nyawa PM Slovakia tak lagi dalam bahaya.

Baca juga: PM Slovakia Jalani Operasi Baru, Kondisinya Masih Cukup Serius

"Dia telah bangkit dari ancaman nyawanya, namun kondisinya tetap serius dan memerlukan perawatan intensif," kata Kalinak, kepada wartawan, dikutip dari AFP.

Sebelumnya, PM Slovakia menjalani operasi lima jam pada hari Rabu dan operasi lainnya pada hari Jumat, keduanya di sebuah rumah sakit di pusat kota Banska Bystrica.

"Kami dapat menganggap kondisinya stabil dengan prognosis positif. Kami semua merasa lega sekarang," terang Kalinak di luar rumah sakit.

Kalinak menambahkan, Fico akan bertahan di Banska Bystrica untuk saat ini.

Tersangka pria bersenjata, yang diidentifikasi oleh media Slovakia sebagai penyair berusia 71 tahun Juraj Cintula, telah didakwa melakukan percobaan pembunuhan berencana dan dimasukkan ke dalam tahanan pra-sidang oleh pengadilan pidana khusus pada hari Sabtu.

Baca juga: Kondisi PM Slovakia Stabil Usai Ditembak Rabu Kemarin

Fico ditembak saat dia berjalan untuk menyambut pendukungnya setelah pertemuan pemerintah di pusat kota pertambangan Handlova.

Kalinak sebelumnya mengatakan PM Slovakia ditembak dan mengalami empat luka tembak, dua luka ringan, satu luka sedang, dan satu luka berat.

Sementara Menteri Dalam Negeri Matus Sutaj Estok mengatakan jika salah satu tembakan lebih tinggi beberapa sentimeter saja, maka akan mengenai hati perdana menteri.

Fico yang berusia 59 tahun mulai menjabat pada Oktober setelah partai populis tengah Smer memenangkan pemilihan umum.

Ia menjalani masa jabatan keempatnya sebagai perdana menteri setelah berkampanye mengenai proposal perdamaian antara Rusia dan negara tetangga Slovakia, Ukraina.

Serta upaya menghentikan bantuan militer ke Kyiv, seperti yang telah dilakukan oleh pemerintahannya.

Baca juga: Tersangka Penembak PM Slovakia Robert Fico adalah Penulis Berusia 71 Tahun

Kalinak mengatakan pemerintah akan melanjutkan tanpa Fico sesuai dengan program yang telah dia gariskan, termasuk dua pertemuan minggu depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com