Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Serang Fasilitas Energi Rusia Dekat Perbatasan

Kompas.com - 13/05/2024, 21:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LIPETSK, KOMPAS.com - Pasukan Ukraina menyerang terminal minyak dan gardu listrik di Rusia barat, kata sumber pertahanan di Kyiv kepada kantor berita AFP pada Senin (13/5/2024).

Rusia dan Ukraina saling meningkatkan serangan terhadap fasilitas energi dalam beberapa pekan terakhir. Pertempuran ini semakin menekan sektor energi Ukraina yang terpukul.

Sumber di sektor pertahanan Ukraina mengatakan, drone yang terkait dengan pasukan keamanan berhasil menyerang terminal minyak di Belgorod dan gardu listrik di Lipetsk.

Baca juga: Serangan Ukraina di Belgorod Rusia, 9 Orang Terluka

Belum ada konfirmasi mengenai serangan tersebut dari pihak berwenang Rusia di Belgorod.

Gubernur Lipetsk yakni Igor Artamonov mengatakan, sebuah gardu induk terbaka, tetapi dia tak memberikan rincian atau secara langsung menyalahkan Ukraina.

"Tidak ada korban jiwa. Kebakaran di wilayah gardu listrik sedang dipadamkan," tulis  Artamonov di media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya mengatakan, pasukannya menembak jatuh 31 drone Ukraina semalam di beberapa wilayah serta semenanjung Crimea.

Baca juga:

Sebanyak 12 drone ditembak jatuh di Belgorod yang berbatasan dengan Ukraina, lokasi serangan Ukraina menewaskan 15 orang pada Minggu (12/5/2024).

Kemudian, delapan drone dihancurkan di Kursk yang juga berbatasan dengan Ukraina, dan empat dicegat di Lipetsk di sebelahnya, imbuh Kemenhan Rusia.

Sementara itu, tujuh drone dan empat rudal Storm Shadow dihancurkan di atas Crimea yang dianeksasi Rusia pada 2014.

Ukraina diketahui meningkatkan serangannya terhadap wilayah-wilayah Rusia selama beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Serangan Drone Ukraina Sebabkan Kebakaran di Kilang Minyak Volgograd Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com