Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Gaza Kampus AS: Rusuh di MIT, Wisuda Sejumlah Kampus Pertimbangkan Keamanan

Kompas.com - 07/05/2024, 11:06 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

YERUSALEM, KOMPAS.com - Para pengunjuk rasa pro-Palestina yang dihalangi polisi memasuki perkemahan di Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada Senin (6/5/2024) menerobos pagar, menautkan senjata, dan mengepung tenda-tenda yang masih ada di sana.

Sam Ihns, seorang mahasiswa pascasarjana di MIT yang mempelajari teknik mesin dan anggota MIT Jews for a Ceasefire, mengatakan kelompok tersebut telah berada di perkemahan selama dua minggu terakhir.

Mereka menyerukan diakhirinya pembunuhan ribuan orang di Gaza.

Baca juga: Warga Rafah Menari dan Bersorak Mendengar Hamas Terima Usulan Gencatan Senjata di Gaza...

"Secara khusus, kami memprotes hubungan penelitian langsung MIT dengan Kementerian Pertahanan Israel," katanya, dilansir dari Guardian.

Para pengunjuk rasa juga duduk di tengah-tengah Massachusetts Avenue, memblokir jalan pada jam-jam sibuk di wilayah Boston.

Demonstrasi di Universitas Columbia telah menjalar kampusnya.

Sementara itu, terkait demonstrasi, para pejabat mengatakan tidak akan mengadakan upacara wisuda seperti biasanya.

Para siswa akan dapat merayakannya dalam serangkaian upacara yang lebih kecil di sekolah minggu ini dan minggu depan.

Keputusan itu muncul ketika universitas di seluruh negeri kebingungan menggelar wisuda bagi siswa yang kelulusan sekolah menengahnya digagalkan oleh Covid-19 pada 2020.

Kampus lain yang diguncang oleh protes, Emory University, mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan upacara wisuda dari kampus Atlanta ke arena pinggiran kota.

Baca juga: Hamas Terima Usulan Gencatan Senjata di Gaza, Jeda Perang 7 Bulan

Kampus lainnya, termasuk Universitas Michigan, Universitas Indiana, dan Universitas Northeastern, telah melakukan wisuda dengan sedikit gangguan.

Keputusan Columbia untuk membatalkan upacara utamanya, yang dijadwalkan pada 15 Mei, menyelamatkan presidennya, Minouche Shafik, dari keharusan menyampaikan pidato wisuda di bagian kampus yang sama di mana polisi membubarkan perkemahan protes minggu lalu.

Baca juga: Fakta-fakta di Balik Demo Mahasiswa AS Tolak Perang di Gaza

Sekolah Ivy League di Manhattan bagian atas ini mengatakan bahwa mereka telah membuat keputusan tersebut setelah berdiskusi dengan para mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com