Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecanduan Game, Remaja China Kuras Rekening Ibunya, Sisakan Hanya Rp 1.000

Kompas.com - 25/06/2023, 20:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang gadis remaja di China menghabiskan 64.000 dollar AS atau Rp 963 juta untuk bermain game online dan hampir mengosongkan rekening bank ibunya.

Anak berusia 13 tahun, yang kecanduan game, menggunakan kartu debit ibunya untuk membeli game untuk dirinya sendiri dan teman-teman sekelasnya, menurut South China Morning Post.

Siswa sekolah tersebut berasal dari provinsi Henan di China tengah dan menghabiskan banyak waktu bermain game di smartphone-nya.

Baca juga: Intel AS: Tidak Ada Bukti Covid-19 Dibuat di Lab Wuhan China

Untuk melakukan pembelian dalam aplikasi dan membeli lebih banyak game, gadis itu menghabiskan uang dari rekening bank ibunya selama empat bulan dan akhirnya hanya menyisakan 0,07 dollar AS atau sekitar Rp 1.000 di dalamnya.

Menurut ibu gadis itu, Wang, remaja itu juga menghapus seluruh riwayat transaksi di ponselnya untuk menyembunyikan pembelian.

Wang mengetahui tentang pengeluaran tersebut setelah guru putrinya memberi tahu dia bahwa remaja itu mungkin kecanduan bermain game online.

Setelah itu, sang ibu memeriksa laporan rekening banknya dan menemukan bahwa hampir semua uangnya hilang.

Ketika gadis itu ditanya tentang belanja oleh ayahnya, si kecil mengatakan bahwa dia hanya menghabiskan 17.000 dollar AS atau 1.21.099 yuan untuk membeli game, 210.000 yuan untuk pembelian dalam game, dan 1, 00.000 yuan untuk membelikan game untuk setidaknya 10 teman sekelasnya.

Kartu debit ibunya terhubung ke ponselnya. Siswa itu juga mengetahui kata sandi yang dibagikan ibunya sebelumnya.

Insiden itu menarik banyak perhatian di media sosial China, di mana banyak yang bereaksi.

Baca juga: Gas LPG Meledak, 31 Orang Tewas di Restoran China

Ada yang mengatakan bahwa itu adalah kesalahan orang tuanya, sementara yang lain mengklaim bahwa gadis itu tahu apa yang dia lakukan tetapi tidak mau mengakuinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com