Menilik Roket-roket yang Ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel

Kompas.com - 19/05/2021, 16:33 WIB
Tugu peringatan berbentuk roket M75 diresmikan di Gaza City oleh sayap militer Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam, Senin (10/3/2014). Tugu ini ingin menggambarkan kemampuan kelompok Hamas menyerang jantung Israel dengan menggunakan roket tersebut. MAHMUD HAMS / AFPTugu peringatan berbentuk roket M75 diresmikan di Gaza City oleh sayap militer Hamas, Brigade Ezzedine al-Qassam, Senin (10/3/2014). Tugu ini ingin menggambarkan kemampuan kelompok Hamas menyerang jantung Israel dengan menggunakan roket tersebut.

GAZA CITY, KOMPAS.com – Intelijen Israel melaporkan, kelompok milisi di Jalur Gaza telah menembakkan ribuan roket dan proyektil mortir dengan jangkauan yang sangat bervariasi.

Beberapa ahli menyebutkan, roket-roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza selama sepekan terakhir sama dengan senjata yang diluncurkan pada 2014.

Seorang ahli roket dari Israel, Uzi Rubin, menuturkan bahwa teknologi-teknologi yang dipakai kelompok milisi dari Jalur Gaza tidak berbeda dengan yang mereka gunakan pada 2014.

Baca juga: Spesifikasi Roket Qassam, Senjata yang Paling Banyak Ditembakkan dari Gaza ke Israel

Roket yang sekarang digunakan oleh Palestina tidak berbeda dalam teknologi, tetapi berbeda ukurannya dengan yang digunakan pada 2014,” kata Rubin kepada The New York Times.

Kelompok milisi di Jalur Gaza kebanyakan meluncurkan roket jarak pendek varian Qassam dengan jangkauan sekitar 9 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir New York Post, roket ini diproduksi secara lokal dan dinamai sesuai sayap militer Hamas, Izzedine al-Qassam.

Harga setiap pucuk roket Qassam diperkirakan antara 300 dollar AS (Rp 4,2 juta) hingga 800 dollar AS (Rp 11,4 juta).

Baca juga: Israel Hancurkan Satu-satunya Laboratorium Covid-19 di Gaza, Pengujian Berhenti Total

Sedangkan roket jarak menengah yang digunakan menggunakan desain dari Iran dan Rusia dengan jangkauan sekitar 40 kilometer.

Roket-roket jarak menengah ini juga diyakini diproduksi secara lokal di Jalur Gaza.

Sementara itu, roket jarak jauh kelompok milisi ini juga diduga diproduksi secara lokal dengan meniru teknologi dari Iran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.