Kompas.com - 19/05/2021, 16:19 WIB
Topan Tauktae, menderu di Laut Arab bergerak menuju pantai barat India pada Senin (17/5/2021) ketika pihak berwenang berusaha mengevakuasi ratusan ribuan orang dan menangguhkan vaksinasi Covid-19 di satu negara bagian. AP PHOTO/RAJANISH KAKADETopan Tauktae, menderu di Laut Arab bergerak menuju pantai barat India pada Senin (17/5/2021) ketika pihak berwenang berusaha mengevakuasi ratusan ribuan orang dan menangguhkan vaksinasi Covid-19 di satu negara bagian.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Topan yang melanda India, memperburuk pandemi di negara itu dengan total kasus Covid-19 melampaui 25 juta pada Selasa (18/5/2021).

India, yang sekarang menjadi pusat pandemi global, kini menghadapi gelombang kedua infeksi yang semakin mengkhawatirkan.

Upaya penanggulangan pandemi semakin dipersulit oleh Topan Tropis Tauktae, yang melanda Gujarat pada Senin malam (17/5/2021).

Baca juga: India Hentikan Ekspor Vaksin Covid-19 hingga Akhir Tahun, Apa Kabar Skema Covax

“Badai itu merupakan yang terkuat yang melanda wilayah itu dalam lebih dari dua dekade, dengan angin berkelanjutan 103 mph,” kata Departemen Meteorologi India, melansir ABC News.

Sejumlah negara bagian yang terhantam kerasnya topan antara lain Gujarat, Kerala, Karnataka, Goa. Maharashtra menjadi wilayah yang paling keras terdampak.

India mencatat sedikitnya 20 orang tewas dan 125 hilang di laut setelah datangnya topan, yang mematikan listrik di Goa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari 150.000 orang dievakuasi menjelang badai, dan 177 personel angkatan laut diselamatkan, menurut Angkatan Laut India.

Topan Tauktae melemah menjadi badai siklon pada Selasa (18/5/2021), kemudian terus melemah, IMD melaporkan.

Gambar yang tersisa di lahan yang terdampak mengungkapkan kuatnya gelombang yang menghantam kota-kota pesisir dan jalan-jalan. Banjir besar menggenangi jalan raya, sementara hujan deras dan pohon tumbang merusak kabel listrik.

Baca juga: India Dilanda Topan Ekstrem yang Menewaskan 12 Orang di Tengah Kasus Covid-19

Di tengah bencana alam, India melaporkan 4.329 kematian terkait Covid-19 pada Senin (17/5/2021).

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X