Kompas.com - 27/04/2021, 05:00 WIB

KOMPAS.com - John Philip Holland adalah pria asal Irlandia yang berkontribusi mengubah perang angkatan laut dalam sejarah militer dunia. Atas jasanya, dia disebut sebagai “Bapak Kapal Selam Modern.”

John Philip Holland menciptakan kapal selam modern pertama yang secara resmi dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Baca juga: KRI Nanggala-402, Tipe Kapal Selam Non-nuklir Terlaris Buatan Jerman

Teknologi dan ide kapal selam diketahui telah dikembangkan bahkan ribuan tahun sebelumnya. Namun inovasi Holland paling signifikan berdampak pada model armada laut yang ada saat ini.

Terobosan nyata Holland datang dengan menggabungkan berbagai penemuan sebelumnya, dengan tenaga penggerak modern. Mulai dari motor listrik, baterai listrik, dan mesin pembakaran internal.

Mesin tersebut akan terus berkembang dalam kapal selam modern, dan memberikan kontribusi besar bagi angkatan laut di dunia modern.

Inspirasi awal

John Philip Holland lahir di Liscannor, County Clare di Irlandia pada 29 Februari 1840. Dia adalah anak kedua dari empat bersaudara yang semuanya laki-laki.

Ayahnya, John, adalah anggota British Coastguard Service pada saat itu. Ibunya, Mary Scanlon, adalah penutur asli Irlandia dari Liscannor.

Lascannon adalah daerah berbahasa Irlandia, tapi Holland belajar bahasa Inggris dengan baik, ketika menghadiri Sekolah Nasional St Macreehy sejak 1858. Sekolah ini adalah bagian dari Christian Brothers di Ennistymon.

Christian Brothers, adalah komunitas religius sedunia dalam Gereja Katolik. Mereka terutama bekerja untuk penginjilan dan pendidikan kaum muda, tetapi terlibat dalam banyak pelayanan, terutama kepada orang miskin.

Baca juga: Tenggelamnya KRI Nanggala-402 dan Kecelakaan Fatal Kapal Selam di Seluruh Dunia

Holland bermimpi menjadi seorang pelaut, tapi takdirnya punya ide lain. Dia bergabung dengan Christian Brothers di Limerick dan juga mengajar di sana dan banyak pusat pendidikan lainnya di seluruh Irlandia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.