Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[Biografi Tokoh Dunia] John Philip Holland, Pencipta Kapal Selam Modern

John Philip Holland menciptakan kapal selam modern pertama yang secara resmi dioperasikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Teknologi dan ide kapal selam diketahui telah dikembangkan bahkan ribuan tahun sebelumnya. Namun inovasi Holland paling signifikan berdampak pada model armada laut yang ada saat ini.

Terobosan nyata Holland datang dengan menggabungkan berbagai penemuan sebelumnya, dengan tenaga penggerak modern. Mulai dari motor listrik, baterai listrik, dan mesin pembakaran internal.

Mesin tersebut akan terus berkembang dalam kapal selam modern, dan memberikan kontribusi besar bagi angkatan laut di dunia modern.

Inspirasi awal

John Philip Holland lahir di Liscannor, County Clare di Irlandia pada 29 Februari 1840. Dia adalah anak kedua dari empat bersaudara yang semuanya laki-laki.

Ayahnya, John, adalah anggota British Coastguard Service pada saat itu. Ibunya, Mary Scanlon, adalah penutur asli Irlandia dari Liscannor.

Lascannon adalah daerah berbahasa Irlandia, tapi Holland belajar bahasa Inggris dengan baik, ketika menghadiri Sekolah Nasional St Macreehy sejak 1858. Sekolah ini adalah bagian dari Christian Brothers di Ennistymon.

Christian Brothers, adalah komunitas religius sedunia dalam Gereja Katolik. Mereka terutama bekerja untuk penginjilan dan pendidikan kaum muda, tetapi terlibat dalam banyak pelayanan, terutama kepada orang miskin.

Holland bermimpi menjadi seorang pelaut, tapi takdirnya punya ide lain. Dia bergabung dengan Christian Brothers di Limerick dan juga mengajar di sana dan banyak pusat pendidikan lainnya di seluruh Irlandia.

Selama waktu inilah dia mulai mendalami kapal selam. Pada masa ini, Holland banyak membaca kisah tentang pertempuran antar kapal. Salah satunya dalam periode perang saudara Amerika, antara kapal baja “Monitor” dengan “Virginia”.

Dia segera menyadari bahwa cara terbaik untuk menyerang dan mengalahkan kapal-kapal ini kemungkinan besar adalah dari bawah permukaan air.

Dari catatannya kemenangan “kapal Monitor” adalah karena papan bebasnya yang rendah di permukaan air. Kapal ini sangat sulit ditembak. Holland pun mulai bertanya-tanya mengapa mereka tidak membuatnya benar-benar tenggelam?

Dari pemikiran ini, dia membuat desain untuk kapal yang tenggelam sepenuhnya dan berusaha menarik minat investor. Tapi jalannya untuk mewujudkan inovasinya tidaklah mulus, penolakan sering dia terima.

Fenian Ram

John Philip Holland meninggalkan serikatnya pada 1873 karena kesehatan yang buruk. Dia bermigrasi ke AS pada tahun yang sama untuk bergabung dengan ibu dan saudara laki-lakinya, dan menetap di Paterson, New Jersey.

Ketika dia mendarat di AS, dia terpeleset dan jatuh di jalan Boston yang dingin sampai kakinya patah.

Dalam sakitnya, Holland memutuskan tetap menggunakan waktu penyembuhannya dengan bijak. Dia terus menyempurnakan desain kapal selamnya. Pekerjaannya juga didukung oleh Isaac Whelan, seorang pendeta.

Untuk menopang hidupnya dia sempat sebuah perusahaan teknik. Kemudian profesi di dunia pendidikan kembali dia jalani selama enam tahun, di Sekolah Katolik St. John di Paterson, New Jersey.

Selama waktu itu juga, Holland dengan hati-hati meninjau semua yang telah dia baca tentang kapal selam. Dia memikirkan secara mendalam gagasan pendahulunya untuk menjadikan armada ini sebagai senjata perang yang praktis.

Pada 1875, Holland menyerahkan skema yang telah disempurnakan ke Angkatan Laut AS untuk dipertimbangkan. Tapi penolakan kembali diterimanya karena Angkatan Laut merasa itu tidak bisa direalisasikan.

Gagasannya akhirnya mendapat dukungan finansial dari The Irish Fenian Society. Komitmen ini sebenarnya memiliki motif untuk menggunakan teknologi kapal selam melawan Inggris. Serta membantu tujuan jangka panjang mereka, yakni kemerdekaan Irlandia.

Pendanaan penelitian dan pengembangannya bisa dibilang fantastis. Sampai-sampai, memberinya kebebasan untuk mengundurkan diri dari jabatan pengajarnya, dan mengerjakan desainnya secara eksklusif.

Keyakinan kepada Holland terbayar, kapal selam pertamanya setinggi 14 kaki diluncurkan Pada 1878.

Selanjutnya pada 1881 dia membangun kapal selam berukuran penuh, bernama Fenian Ram, yang berisi banyak fitur kapal selam modern. Ini adalah kapal selam kecil yang terbukti sukses selama pengujian terbatas.

Mulai diperhitungkan

John Philip Holland terus meningkatkan desainnya dan mengerjakan beberapa kapal eksperimental. Melanjutkan kesuksesan usaha sebelumnya, tipe pengembangan mandirinya diluncurkan pada 17 Mei 1897.

Uji coba pertama dari kapal selam tipe proto miliknya, memiliki kombinasi mesin listrik dan bensin, berhasil berjalan di bawah air untuk jarak yang cukup jauh.

Ini menjadi kapal selam pertama yang benar-benar dapat beroperasi di bawah air dengan tenaga internal. Kapal selam ini juga menjadi yang pertama menggunakan kombinasi motor listrik dan mesin bensin untuk penggerak bawah air dan permukaan.

Pada Maret tahun berikutnya, John Philip Holland berhasil menyelesaikan uji coba kapal selam modern pertama di lepas Pulau Staten.

Awalnya, posisi resmi Angkatan Laut AS pada saat itu adalah "tidak mendukung" pengembangan kapal selam. Tapi sikap itu nyatanya tidak bisa mereka pertahankan selamanya.

Lebih dari dua tahun kemudian, Angkatan Laut AS secara resmi membeli desain tersebut. Beberapa bulan kemudian kapal selam Angkatan Laut AS pertama, USS Holland secara resmi beroperasi. Kapal itu dinamai untuk menghormati desainernya John Philip Holland.

Enam lagi jenisnya dipesan oleh Angkatan Laut untuk dibangun di Crescent Shipyard di Elizabeth, New Jersey.

Pesanan ini memungkinkan Holland untuk mendirikan Perusahaan Kapal Listrik, yang didirikan pada 1899. Perusahaan ini pada akhirnya akan berkembang menjadi kontraktor pertahanan utama General Dynamics.

Desain Holland juga diadopsi oleh pihak lain termasuk Royal Navy yang mengembangkan kapal selam kelas Holland mereka sendiri.

Angkatan Laut Kekaisaran Jepang juga menggunakan desainnya dan membuat beberapa perbaikan kecil untuk lima kapal selam pertama mereka. Versi Jepang ini setidaknya lebih panjang 3 meter dari kepunyaan Holland dengan total panjang sekitar 19,5 meter.

Holland juga melanjutkan untuk merancang prototipe Holland II dan Holland III.

Warisan paten

Holland membuat banyak paten selama bekerja di kapal selam. Ini termasuk: baling-baling sekrup, “The Submergible”, senapan mesin kapal selam, peralatan kemudi kapal selam,indikator visual, mekanisme penyelaman otomatis, katup penembakan, dan berbagai jenis kapal selam.

Salah satu penemuan terakhirnya adalah peralatan yang dirancang untuk memungkinkan pelaut melarikan diri dari kapal selam.

Setelah menghabiskan, tidak kurang dari, 56 tahun bekerja di kapal selam, John meninggal dunia pada 12 Agustus 1914 di New Jersey.

Sebuah monumen bapak kapal selam berdiri di gerbang Scholars Townhouse, Drogheda. Ini adalah bekas gedung sekolah Christian Brothers tempat Holland mengajar di awal hidupnya. Itu diletakkan untuk memperingati karyanya.

Monumen diresmikan pada 14 Juni 2014 sebagai bagian dari Festival Maritim Irlandia. Upacara pembukaan dihadiri oleh Dewan Kota Drogheda serta perwakilan dari pemerintah AS, Inggris dan Jepang.

Sejarah kapal selam sangat panjang, mulai dari Alexander Agung hingga Bapak Kapal Selam, John Philip Holland sendiri.

Desain awal tidak lebih dari kotak tertutup untuk observasi, dengan perbaikan kemudian menambahkan tenaga penggerak dari dayung.

Perbaikan lainnya dilakukan dengan menambahkan persenjataan dan mengembangkan gagasan menenggelamkan kapal sepenuhnya di bawah garis air.

Dengan munculnya torpedo self-propelled, kapal selam bertransformasi menjadi senjata perang yang sangat ampuh di laut.

Dari awal yang sederhana di Irlandia, John Philip Holland kemudian menjadi salah satu insinyur militer paling penting sepanjang masa.

Dari secercah inspirasi saat membaca koran, ia belajar sendiri tentang dunia kapal selam. Dengan menggunakan sedikit pemikiran lateralnya, dia berhasil merancang dan membangun contoh paling awal dari salah satu senjata paling kuat di laut dan dunia.

https://www.kompas.com/global/read/2021/04/27/050000570/-biografi-tokoh-dunia-john-philip-holland-pencipta-kapal-selam-modern

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke