Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam Tangan Penumpang Terkaya Titanic Laku Dilelang Rp 23,75 Miliar

Kompas.com - 28/04/2024, 21:27 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Jam tangan emas milik penumpang terkaya di kapal Titanic, John Jacob Astor, laku 1,17 juta poundsterling (Rp 23,75 miliar) dalam lelang yang diadakan oleh Henry Aldridge & Son pada Sabtu (27/4/2024).

Angka itu menjadi rekor harga dari benda yang terkait Titanic, kapal legendaris yang tenggelam pada 1912.

Pembeli jam tersebut adalah warga negara AS. Ia jauh mengungguli perkiraan pra-penjualan juru lelang yang berkisar 100.000-150.000 poundsterling (Rp 2 miliar-3 miliar).

Baca juga: Daftar Menu Makan Malam Asli Titanic Dilelang Hingga Rp 1,3 Miliar

Ukiran JJA di jam tangan milik penumpang terkaya Titanic, John Jacob Astor, yang laku 1,17 juta pounds (Rp 23,75 miliar) dalam lelang oleh Henry Aldridge & Son di Inggris, Sabtu (27/4/2024).HENRY ALDRIDGE & SON LTD via SKY NEWS Ukiran JJA di jam tangan milik penumpang terkaya Titanic, John Jacob Astor, yang laku 1,17 juta pounds (Rp 23,75 miliar) dalam lelang oleh Henry Aldridge & Son di Inggris, Sabtu (27/4/2024).
Jam tangan tersebut bagian belakangnya diukir dengan inisial JJA sesuai nama John Jacob Astor, raja bisnis Amerika saat itu.

Astor berusia 47 tahun ketika tewas dalam insiden tenggelamnya Titanic pada dini hari 15 April 1912. Dia terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia saat itu.

Ia meninggal setelah membantu istrinya, Madeleine, menaiki salah satu sekoci. Madeleine kemudian selamat dari bencana tersebut.

Baca juga:

Jasad Astor ditemukan seminggu setelah tenggelamnya Titanic, dengan jam tangan beserta barang-barang pribadinya.

“Jam tangan itu sendiri sudah diperbaiki seluruhnya setelah dikembalikan ke keluarga Kolonel Astor dan dipakai oleh putranya,” demikian pernyataan dari rumah lelang.

Baca juga: Mengapa Titanic Bisa Tenggelam? Ini Kronologi dan Kisahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com