Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sertifikasi Keselamatan Kapal Selam Titanic Dipertanyakan

Kompas.com - 24/06/2023, 15:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kecelakaan fatal pertama di atas kapal selam wisata laut bisa meningkatkan seruan untuk peraturan keselamatan tambahan.

Pakar industri mengatakan bahwa tindakan baru apa pun mungkin tidak mungkin diterapkan mengingat sifat bisnis internasional.

Selain itu, mereka mengatakan bahwa tragedi kapal selam Titan yang meledak selama ekspedisinya ke reruntuhan Titanic adalah hal yang aneh, mengingat pembuat kapal memilih untuk tidak mensertifikasi kapal tersebut, menentang konvensi industri.

Baca juga: Kanada Luncurkan Penyelidikan atas Tragedi Kapal Selam Wisata Titanic

Dilansir dari CNA, kelima orang di kapal Titan, yang dibuat oleh OceanGate of Everett, Washington, tewas dalam insiden yang meluncurkan pencarian multinasional dan menarik perhatian dunia.

Pakar industri mengatakan itu adalah korban jiwa pertama yang diketahui dalam lebih dari 60 tahun tenggelamnya warga sipil di laut dalam.

Tetapi bahkan ketika para pemimpin industri bersiap untuk peningkatan pengawasan, mereka mengatakan sulit untuk memperkirakan perubahan seperti apa yang akan terjadi.

Di laut lepas tempat Titan dan kapal selam lainnya beroperasi, tidak ada peraturan dan tidak ada pemerintah yang mengontrol perairan internasional.

Sutradara film James Cameron, yang menjadi penjelajah laut dalam pada 1990-an saat meneliti dan membuat blockbuster pemenang Oscar Titanic dan merupakan pemilik bagian dari Kapal Selam Triton, mengatakan bahwa dia akan mendukung regulasi untuk mensyaratkan sertifikasi kapal.

Tetapi dia menambahkan bahwa regulasi harus dilewatkan di setiap negara tempat kapal selam beroperasi.

"Jika itu membawa penumpang, apakah itu pengamat sains atau penjelajah warga, itu harus disertifikasi," kata Cameron, yang merupakan bagian dari komunitas kapal selam kecil dan erat, atau industri kendaraan bawah air berawak (MUV).

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Kapal Wisata Titanic Ditemukan | Alasan Area Laut di Sekitar Titanic Berbahaya

OceanGate belum menjawab pertanyaan tentang keputusannya untuk melepaskan sertifikasi dari pihak ketiga industri seperti Biro Pengiriman Amerika atau DNV perusahaan Eropa.

Dari sekitar 10 kapal selam yang ada di dunia dan mampu menyelam hingga kedalaman Titanic, hampir 4.000m di bawah permukaan, hanya Titan milik OceanGate yang tidak bersertifikat, kata Will Kohnen, ketua kelompok peer-review Marine Technology Society's (MTS) komite kapal selam berawak.

Sebagian besar kapal selam turis menjelajahi terumbu karang dan fenomena alam lainnya pada ketinggian 500m atau kurang.

Baca juga: Bagaimana Kapal Selam Titanic Meledak Terus Diselidiki

Pada tahun 2018, Kohnen menulis surat peringatan CEO OceanGate Stockton Rush bahwa melepaskan sertifikasi pihak ketiga untuk Titan dapat mengakibatkan bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com