Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Usul Gantikan Menhan Sergei Shoigu dengan Ekonom Sipil

Kompas.com - 13/05/2024, 08:26 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Minggu (12/5/2024) mengusulkan mengganti Menteri Pertahanan Sergei Shoigu (68) dengan ekonom sipil yaitu Andrei Belousov.

Putin dinilai hendak mempersiapkan Rusia menghadapi perang ekonomi dengan mencoba memanfaatkan anggaran pertahanan lebih baik, serta mencari inovasi lebih besar untuk memenangi perang di Ukraina.

Belousov (65) adalah mantan wakil perdana menteri Rusia. Dia berspesialisasi di bidang ekonomi dan pernah mengawasi program drone Rusia.

Baca juga: Putin Minta Rusia Modernisasi Senjata agar Selangkah Lebih Maju

Sementara itu, Shoigu yang berpengalaman di bidang pertahanan sejak 2012 akan dialihkan Putin menjadi Sekretaris Dewan Keamanan Rusia menggantikan Nikolai Patrushev.

Adapun Patrushev akan mendapatkan peran baru, tetapi Kremlin belum mengumumkannya.

Perubahan yang pasti akan disetujui parlemen ini adalah yang paling signifikan dilakukan Putin terhadap komando militer sejak invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, perubahan ini masuk akal karena Rusia sedang mendekati situasi seperti Uni Soviet pada pertengahan 1980-an, ketika otoritas militer dan penegak hukum menyumbang 7,4 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Baca juga:

Itulah sebabnya Putin kini menginginkan ekonom sipil untuk menduduki jabatan di Kementerian Pertahanan, kata Peskov.

“Orang yang lebih terbuka terhadap inovasi adalah orang yang akan menang di medan perang,” imbuhnya, dikutip dari Reuters.

Belousov dikenal sangat dekat dengan Putin. Ia memiliki visi sama untuk membangun Rusia kembali menjadi kuat, juga pernah bekerja dengan para teknokrat terkemuka Putin yang terbuka terhadap ide-ide baru.

Baca juga: Presiden Ukraina Pecat Kepala Pengawalnya atas Rencana Pembunuhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com