Kompas.com - 17/04/2021, 10:14 WIB
. ..

BRUSSELS, KOMPAS.com – NATO keberatan atas rencana Rusia untuk memblokir sebagian Laut Hitam bagi pelayaran militer dan negara-negara asing.

Blok tersebut menyatakan, keputusan Rusia tersebut tidak dibenarkan. Mereka juga meminta Moskwa agar memberikan akses bebas ke pelabuhan Ukraina di Laut Azov.

Baca juga: Konflik dengan Ukraina Makin Panas, Rusia Batasi Pelayaran di Laut Hitam

Sebelumnya, media pemerintah Rusia melaporkan bahwa Moskwa bermaksud menutup sebagian Laut Hitam untuk militer dan negara-negara asing selama enam bulan mulai April hingga Oktober.

Rencana tersebut dapat memengaruhi akses ke pelabuhan Ukraina di Laut Azov, yang terhubung ke Laut Hitam melalui Selat Kerch.

Langkah tersebut lantas memicu kekhawatiran Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa sebagaimana dilansir AFP, Jumat (16/4/2021).

"Militerisasi Crimea, Laut Hitam, dan Laut Azov yang sedang berlangsung Rusia merupakan ancaman lebih lanjut bagi kemerdekaan Ukraina,” kata Juru Bicara Kepala NATO.

Baca juga: Cegah Kapal Perang Asing Masuk Ukraina, Rusia Tutup Selat Kerch


Juru bicara tersebut menambahkan, keputusan Rusia itu hanya akan merusak stabilitas kawasan yang lebih luas.

Dia menambahkan, memblokir Laut Hitam akan menjadi tindakan yang tidak dapat dibenarkan.

NATO meminta Rusia untuk segera menurunkan ketegangan, menghentikan pola provokasinya, dan menghormati komitmen internasional.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan AS John Kirby menyatakan, Rusia membenarkan rencana memblokir Laut Hitam hingga Oktober dengan alasan sedang mempersiapkan latihan militer.

Baca juga: Tegang dengan Ukraina, Rusia Tank Catnya dengan Garis Invasi

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X