Penembakan Indianapolis: Gedung Putih Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 17/04/2021, 07:02 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden perintahkan pengibaran bendera setengah tiang di Gedung Putih, setelah mendapat kabar tentang penembakan massal di fasilitas gedung FedEx di Indianapolis, Indiana.

"Tadi malam hingga pagi hari di Indianapolis, lagi-lagi keluarga harus menunggu untuk mendengar kabar tentang nasib orang yang mereka cintai. Betapa kejamnya penantian dan takdir yang telah menjadi terlalu normal dan terjadi setiap hari di suatu tempat di negara kita," kata Biden dalam sebuah pernyataan melansir CNN pada pada Sabtu (17/4/2021).

Menurutnya kekerasan senjata sudah menjadi epidemi di Amerika Serikat. Dia menuntut agar semua pihak tidak menerima hal ini dengan remeh dan segera bertindak.

Baca juga: Penembakan Indianapolis 8 Tewas, Pelaku Teridentifikasi Berusia 19 Tahun

Sementara menunggu detail kritis tentang penembakan itu, motivasinya, dan informasi penting lainnya, Biden memerintahkan untuk menurunkan bendera setengah staf di Gedung Putih, gedung pemerintah dan pekarangan umum, serta pos militer dan kedutaan.

Ini adalah penembakan massal yang terjadi hanya selang seminggu dari kunjungan Joe di Rose Garden, dengan keluarga yang kehilangan anak-anak dan teman-teman tersayang dalam indiden pebembakan.

“Minggu lalu, saya meminta Departemen Kehakiman untuk lebih melindungi orang Amerika dari kekerasan senjata.” kata Biden.

"Saya juga mendesak Kongres untuk mendengarkan seruan rakyat Amerika, termasuk sebagian besar pemilik senjata, untuk memberlakukan undang-undang pencegahan kekerasan senjata yang masuk akal, seperti pemeriksaan latar belakang universal dan larangan senjata perang dan majalah berkapasitas tinggi.

Baca juga: Saksi Penembakan Indianapolis: Penembak Bawa Senapan Mesin, Senjata Otomatis

Seorang pria bersenjata membunuh delapan orang dan melukai beberapa lainnya di kegelapan malam.

Insiden ini hanyalah yang terbaru dari serangkaian tragedi penembakan di “Negeri Paman Sam.”

Belum lama, orang-orang bersenjata menembakkan peluru di siang hari bolong di spa di dan sekitar Atlanta, Georgia, toko bahan makanan di Boulder, Colorado, sebuah rumah di Rock Hill, Carolina Selatan, dan banyak penembakan lainnya.

Halaman:
Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.