Pelaku Penembakan Indianapolis Mantan Pegawai FedEx, Bermotif Rasial atau Etnik

Kompas.com - 17/04/2021, 09:36 WIB
Brandon Hole (19) pelaku penembakan Indianapolis, Amerika Serikat, di gudang FedEx pada Kamis (15/4/2021). INDIANAPOLIS METROPOLITAN POLICE DEPARTMENT via APBrandon Hole (19) pelaku penembakan Indianapolis, Amerika Serikat, di gudang FedEx pada Kamis (15/4/2021).

INDIANAPOLIS, KOMPAS.com - Pelaku penembakan Indianapolis diketahui mantan pegawai FedEx, dan diduga bermotif rasial atau menyasar etnik tertentu.

Penembakan di Indianapolis pada Kamis malam (15/4/2021) waktu setempat itu menewaskan delapan orang, dan penembak ditemukan tewas bunuh diri.

Sebanyak empat korban di antaranya adalah pengikut agama Sikh Asia Selatan, menurut sebuah organisasi Sikh.

Baca juga: Penembakan di Indianapolis AS: Korban Beberapa Orang, Pelaku Tewas Bunuh Diri

Fakta itu memunculkan dugaan motif perbuatan pelaku adalah rasial atau etnik.

Polisi Indianapolis mengidentifikasi pria bersenjata itu sebagai Brandon Hole yang berusia 19 tahun.

"Para petinggi FedEx mengonfirmasi bahwa Tuan Hole adalah mantan karyawan di sana, dan dia dipekerjakan terakhir pada 2020," kata wakil kepala polisi Craig McCartt kepada wartawan, dikutip dari AFP.

Pihak berwenang lalu menggeledah beberapa lokasi dan menyita bukti, untuk mempelajari lebih lanjut tentang penembak dan kemungkinan motifnya.

Baca juga: Update Penembakan Indianapolis, 8 Tewas di Gudang FedEx

Koalisi Sikh mengumumkan, "Setidaknya empat dari mereka yang tewas adalah anggota komunitas Sikh Indianapolis."

Mereka pun berharap pihak berwenang melakukan penyelidikan penuh, termasuk kemungkinan bias sebagai faktor.

Agen khusus FBI Paul Keenan mengatakan, Hole pernah diinterogasi FBI pada April 2020 dan senapannya disita oleh pihak berwenang.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X