Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Berterima Kasih ke Senat AS Usai Setujui Bantuan Rp 985 Triliun untuk Ukraina

Kompas.com - 24/04/2024, 13:02 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (24/4/2024) mengucapkan terima kasih kepada Senat Amerika Serikat yang menyetujui paket bantuan 61 miliar dollar AS (Rp 985,14 triliun) untuk negaranya.

“Saya berterima kasih kepada Pemimpin Mayoritas Chuck Schumer dan Pemimpin Partai Republik Mitch McConnell atas kepemimpinan kuat mereka dalam menyetujui undang-undang bipartisan ini, serta semua Senator AS di kedua kubu yang memberikan suara mendukungnya,” tulisnya di media sosial beberapa menit setelah RUU disahkan.

AS adalah pendukung utama militer Ukraina dalam perang melawan Rusia, tetapi paket bantuan baru yang mencakup pasokan penting militer tersendat selama berbulan-bulan di Kongres.

Baca juga: Senat AS Setujui Paket Bantuan untuk Ukraina, Israel, dan Taiwan

“Saya juga mengapresiasi dukungan Presiden Biden dan menantikan RUU tersebut segera ditandatangani, dan paket bantuan militer berikutnya sesuai keteguhan yang selalu saya lihat dalam negosiasi kami,” tambah Zelensky, dikutip dari kantor berita AFP.

“Kemampuan jarak jauh, artileri, dan pertahanan udara Ukraina adalah alat penting untuk memulihkan perdamaian lebih cepat,” lanjutnya.

Saat ini, militer Ukraina kekurangan senjata dan rekrutan baru seiring Rusia yang terus-menerus menekan dari timur.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com