Konflik dengan Ukraina Makin Panas, Rusia Batasi Pelayaran di Laut Hitam

Kompas.com - 16/04/2021, 21:34 WIB
Sebuah kapal perang Rusia berlayar di hadapan kapal perang Ukraina, Ternopil, di teluk Sevastopol, Crimea tak jauh dari pangkalan Armada Laut Hitam Rusia. VIKTOR DRACHEV / AFPSebuah kapal perang Rusia berlayar di hadapan kapal perang Ukraina, Ternopil, di teluk Sevastopol, Crimea tak jauh dari pangkalan Armada Laut Hitam Rusia.

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia akan membatasi pelayaran kapal militer maupun kapal milik negara-negara asing di beberapa bagian Laut Hitam hingga Oktober.

Keputusan tersebut dengan cepat dikecam oleh Ukraina dan Uni Eropa sebagaimana dilansir AFP, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Tegang dengan Ukraina, Rusia Tank Catnya dengan Garis Invasi

Ketegangan antara Moskwa dan Kiev telah meningkat beberapa pekan terakhir menyusul peningkatan pertempuran antara tentara Ukraina dan separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Rusia juga telah mengerahkan pasukannya di sepanjang perbatasan utara dan timur Ukraina serta di semenanjung Crimea, yang dianeksasi Moskwa dari Ukraina pada 2014.

Pekan ini, Rusia juga menggelar latihan angkatan laut di Laut Hitam.

Kini, kantor berita milik Rusia RIA Novosti mengabarkan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia membatasi pelayaran kapal militer asing dan kapal negara lainnya di bebrapa bagian di Laut Hitam.

Baca juga: AS Jatuhi Rusia Sanksi Bertubi-tubi, Ini Daftarnya

Pembatasan tersebut berlaku mulai 24 April pukul 21.00 waktu setempat hingga 31 Oktktober pukul 21.00 waktu setempat.

Seorang pejabat senior Uni Eropa menggambarkan langkah tersebut sebagai perkembangan yang sangat mengkhawatirkan.

Pejabat itu mengatakan kepada AFP bahwa tindakan Rusia bertentangan dengan norma-norma jalur laut bebas dan hukum internasional.

“Itu menambah ketegangan mengenai penumpukan militer di sisi perbatasan Rusia dengan Ukraina," imbuh pejabat itu.

Baca juga: Redakan Ketegangan di Ukraina, Biden Tawarkan Putin untuk Bertemu

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X