Kisah Perang: Douglas Bader Pilot Tanpa Kaki yang jadi Legenda Inggris

Kompas.com - 08/09/2020, 19:00 WIB
Douglas Bader, pilot tanpa kaki yang jadi legenda perang di Inggris. RAF MUSEUMDouglas Bader, pilot tanpa kaki yang jadi legenda perang di Inggris.

KOMPAS.com - Kaki Douglas Bader diamputasi setelah kecelakaan terbang pada akhir 1931. Ajaibnya, kaki palsu yang kemudian dipakai berhasil menyelamatkannya di medan perang.

Kecelakaan yang merenggut kedua kaki Bader terjadi saat dia menjadi pilot aerobatik Royal Air Force (RAF), Angkatan Udara Kerajaan Inggris.

Pesawat Bristol Bulldog-nya terbang rendah untuk menjawab tantangan rekannya, lalu jatuh.

Saking parahnya kecelakaan, kaki kanan Bader harus segera diamputasi dan kaki kirinya juga beberapa hari kemudian, menurut situs Museum RAF yang dikutip CNN Minggu (30/8/2020).

Baca juga: Kisah Perang: Saat Nazi Kena Tipu Armada Abal-abal Ghost Army

Kecelakaan terjadi pada 14 Desember 1931. Saat itu Bader masih berusia 21 tahun.

Namun ia enggan menyerah dengan keadaan, dan langsung meminta dipasangi sepasang kaki palsu. Permintaannya lalu dikabulkan dan Bader diberi sepasang kaki prostetik dari timah.

Film biografi Bader pada 1956 berjudul Reach for the Sky mengungkap ketabahan Bader melewati masa-masa sulitnya, melawan rasa sakit, dan dengan tekun mengikuti terapi dari dokter-dokternya.

Hari demi hari pun berlalu, dan 6 bulan setelah kecelakaan mengerikan itu dia sudah bisa menyetir mobil dan mencoba berdansa.

Dia juga menunjukkan bisa menerbangkan pesawat lagi, tapi tim medis RAF memutuskan dia sudah tidak layak jadi pilot, menurut situs museum.

Meski lagi-lagi diterpa cobaan, Bader tetap pantang menyerah. Ia kemudian mengisi waktunya dengan bekerja di departemen penerbangan Asiatic Petroleum Company yang kemudian berubah jadi Shell Oil.

Baca juga: Kisah Perang: Derita Tiada Tara Hibakusha, Penyintas Bom Atom Hiroshima-Nagasaki

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X