Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditahan Terkait Skandal Korupsi

Kompas.com - 24/04/2024, 20:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Pengadilan Rusia memerintahkan salah satu deputi Menteri Pertahanan Sergei Shoigu ditahan karena dicurigai menerima suap.

Hal ini jadi kasus korupsi paling terkenal sejak Presiden Vladimir Putin mengirim pasukan ke
Ukraina pada tahun 2022.

Wakil Menteri Pertahanan Timur Ivanov ditahan pada Selasa (23/4/2024) di tempat kerjanya oleh Dinas Keamanan Federal (FSB), penerus utama KGB era Soviet, karena menerima suap dalam jumlah besar.

Baca juga: Fasilitas Energi di Rusia Barat Terbakar Usai Diserang Drone Ukraina

Dilansir dari Reuters, Pengadilan Distrik Basmanny Moskwa memerintahkan Ivanov ditahan hingga 23 Juni.

Ivanov, 48 tahun, terlihat berseragam berdiri di dalam sangkar kaca di pengadilan, sedikit mengernyit, menurut rekaman yang dirilis oleh layanan pengadilan.

"Penyelidikan meyakini bahwa Ivanov melakukan konspirasi kriminal dengan pihak ketiga, bekerja sama dengan mereka terlebih dahulu untuk melakukan kejahatan terorganisir oleh kelompok terorganisir," kata layanan pengadilan.

Dikatakan konspirasi tersebut adalah untuk menerima properti dan jasa dalam skala besar selama pekerjaan kontrak dan sub-kontrak untuk kementerian pertahanan.

Ivanov, yang mengatakan dia tidak bersalah, menghadapi hukuman 15 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Media pemerintah memberitakan kasus ini secara penuh.

Penangkapan tiba-tiba sekutu Shoigu, yang ditugasi Putin untuk berperang di Ukraina, memicu spekulasi mengenai pertarungan di kalangan elite dan tindakan keras publik terhadap korupsi yang melanda angkatan bersenjata Rusia pasca-Soviet.

Baca juga: Rusia Batalkan Pawai Perang Dunia II untuk Tahun Kedua Beruntun

Beberapa blogger Rusia, yang menuduh para jenderal senior tidak kompeten, bersukacita atas jatuhnya seorang pejabat tinggi militer yang telah lama dikaitkan dengan kekayaan besar.

Sebuah sumber Rusia, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Ivanov adalah sekutu dekat Shoigu dan penangkapannya merupakan pukulan telak bagi menteri pertahanan.

Baca juga: China Kecam AS karena Tuduh Beijing Pasok Komponen ke Rusia untuk Perang di Ukraina

Shoigu, sekutu Putin dan salah satu orang paling berkuasa di Rusia, diperkirakan akan mempertahankan posisinya dalam perombakan pemerintahan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com