AS-China Kemungkinan akan Tinjau Ulang Kesepakatan Dagang

Kompas.com - 05/08/2020, 20:06 WIB
Ilustrasi perang dagang shutterstock.comIlustrasi perang dagang

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Pejabat senior Amerika Serikat ( AS) dan China kemungkinan akan meninjau implementasi Kesepakatan Dagang Fase 1.

Keduanya mungkin akan saling mengeluh karena hubungan yang semakin menegang akhir-akhir ini.

Dilansir dari The Straits Times, Rabu (5/8/2020), peninjauan tersebut sedianya akan dilangsungkan pada 15 Agustus melalui video conference.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Wakil Perdana Menteri China Liu He sepertinya akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Baca juga: Targetkan China, AS dan Australia Cari Kerja Sama Militer Baru

Kesepakatan Dagang Fase 1 ditandatangi oleh kedua negara pada 15 Januari dan diaktifkan sebulan kemudian.

Rencana pertemuan tersebut pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal.

Sementara itu Kantor Perwakilan Dagang AS dan Kementerian Keuangan AS tidak menanggapi permintaan komentar atas rencana tersebut.

Di bawah Kesepakatan Dagang Fase 1 China telah berjanji untuk meningkatkan pembelian barang-barang AS sekitar 200 miliar dollar AS (Rp 2.912 triliun) di atas level 2017, termasuk produk pertanian, manufaktur, energi, dan jasa.

Baca juga: Huawei Kian Terisolasi, China: AS Main Kotor

Tetapi China, yang terpukul oleh resesi global akibat virus corona, masih jauh di belakang target yang diperlukan untuk memenuhi target tahun pertamanya sebesar 77 miliar dollar AS (Rp 1.121 tiliun).

Impor barang pertanian lebih rendah dari level 2017, jauh di belakang peningkatan 50 persen yang dibutuhkan untuk memenuhi target 2020 sebesar 36,5 miliar dollar AS (Rp 531 triliun).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X