Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Targetkan China, AS dan Australia Cari Kerja Sama Militer Baru

Kompas.com - 29/07/2020, 10:26 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) dan Australia pada Selasa kemarin (28/7/2020)  mengatakan bahwa mereka akan memperluas kerja sama militer di tengah meningkatnya tensi dengan China.

"AS tahu ancaman yang dihadapi Anda dan oleh dunia. Dan AS mendukung Anda dalam ikatan aliansi kami, yang tidak bisa dirusak," ujar Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo selama konferensi pers bersama, sebagaimana dikutip media Perancis AFP.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS, Mark Esper memuji partisipasi 5 kapal perang Australia pekan lalu dalam latihan dengan armada Kapal Induk AS dan Kapal Perusak Jepang di Laut Filipina.

Baca juga: Konsulat AS di Chengdu Ditutup, Warga Lokal Rayakan dengan Petasan

"Latihan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan sistem senjata, tetapi juga mengirim sinyal yang jelas ke Beijing bahwa kita akan terbang, kita akan berlayar dan kita akan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan dan mempertahankan hak-hak sekutu dan mitra kita untuk melakukan hal yang sama," kata Esper.

Selain mereka, Menteri Pertahanan Australia, Linda Reynolds mengatakan bahwa 2 negara (AS-Australia) akan membangun hubungan di banyak bidang pertahanan termasuk bidang hipersonik, elektronik dan yang berbasis ruang angkasa.

Baca juga: Penutupan Konsulat AS di Chengdu, Nama Gedung Ditutup Kain

Kerja sama akan "menguatkan kemampuan kita bersama dalam berkontribusi pada keamanan regional dan mencegah perilaku adu-domba di wilayah kita," imbuh Reynolds.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com