Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palestina Kecam DPR AS Setujui Paket Bantuan Militer Baru untuk Israel

Kompas.com - 21/04/2024, 08:41 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

YERUSALEM, KOMPAS.com - Kepresidenan Palestina pada Sabtu (20/4/2024) mengecam DPR AS yang menyetujui paket bantuan baru untuk Israel.

Kepresidenan Palestina mengatakan, persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat atas miliaran dollar bantuan militer baru untuk Israel menandai agresi terhadap rakyat Palestina.

"Dana tersebut akan mengakibatkan ribuan korban Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat," kata Nabil Abu Rudeina, Juru Bicara Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dikutip dari AFP.

Baca juga: DPR AS Loloskan Paket Bantuan Rp 1.539 Triliun untuk Israel, Ukraina, dan Taiwan

Ia menyebut persetujuan paket bantuan baru tersebut sebagai "eskalasi yang berbahaya".

Diberitakan sebelumnya, DPR AS telah menyetujui bantuan militer yang telah lama tertunda untuk Ukraina dalam sebuah pertunjukan persatuan bipartisan yang jarang terjadi.

Mereka juga menyetujui paket bantuan militer untuk memperkuat pertahanan Israel dan Taiwan, serta mengancam untuk melarang TikTok milik China.

Empat rancangan undang-undang (RUU) dalam paket senilai 95 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.539 triliun) tersebut disetujui dengan sangat mudah secara berurutan.

Dalam sebuah pernyataan, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa legislasi ini akan memberikan dukungan penting bagi Israel dan Ukraina, memberikan bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke Gaza, Sudan, Haiti, dan lokasi-lokasi lain, serta meningkatkan keamanan dan stabilitas di Indo-Pasifik.

Baca juga: Alasan AS Veto Resolusi soal Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Dia memuji para anggota parlemen yang bersatu "untuk menjawab panggilan sejarah".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com