Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia: Bantuan AS untuk Ukraina, Israel, dan Taiwan Hanya Akan Perburuk Krisis Global

Kompas.com - 21/04/2024, 09:07 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,TASS

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia pada Sabtu (21/4/2024) mengecam persetujuan DPR AS untuk paket bantuan ke Ukraina, Israel, dan Taiwan.

"Alokasi bantuan militer AS untuk Ukraina, Israel dan Taiwan hanya akan memperburuk krisis global," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, di Telegram, sebagaimana dikutip dari AFP.

Ia menuding bantuan AS untuk Ukraina sebagai dukungan langsung untuk "kegiatan teroris".

Baca juga: DPR AS Loloskan Paket Bantuan Rp 1.539 Triliun untuk Israel, Ukraina, dan Taiwan

Sementara, Maria mengatakan bantuan AS untuk Taiwan merupakan campur tangan dalam urusan dalam negeri China.

Sedangkan, ia menyebut, dukungan AS untuk Israel merupakan jalan langsung menuju memburuknya situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di Timur Tengah.

Sebelumnya pada Sabtu, Juru Bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengatakan bantuan AS hanya akan merugikan penduduk Ukraina.

"Keputusan untuk memberikan bantuan kepada Ukraina akan semakin memperkaya Amerika Serikat dan semakin menghancurkan Ukraina, dengan membunuh lebih banyak lagi warga Ukraina karena rezim Kyiy," katanya, sebagaimana dilaporkan Kantor berita TASS.

Para anggota parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat AS meloloskan undang-undang dalam sesi yang jarang terjadi pada Sabtu, yang memberikan bantuan kepada Ukraina dan Israel, mendukung Taiwan, serta mengancam pelarangan terhadap TikTok jika mereka gagal untuk melepaskan diri dari China.

Baca juga: Palestina Kecam DPR AS Setujui Paket Bantuan Militer Baru untuk Israel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com