Rusia Kirim 5 Pesawat Berisi Bantuan Kemanusiaan, Perancis Kirim 2 Pesawat Militer Pasca-ledakan di Lebanon

Kompas.com - 05/08/2020, 17:28 WIB
Pemandangan yang menunjukkan kondisi Beirut, Lebanon, pada 5 Agustus 2020 setelah ledakan yang menghantam sehari sebelumnya (4/8/2020), menewaskan 100 orang dan melukai ribuan lainnya. FP PHOTO/ANWAR AMROPemandangan yang menunjukkan kondisi Beirut, Lebanon, pada 5 Agustus 2020 setelah ledakan yang menghantam sehari sebelumnya (4/8/2020), menewaskan 100 orang dan melukai ribuan lainnya.

MOSKWA, KOMPAS.com - Kementerian Keadaan Darurat Rusia mengumumkan pada Rabu (5/8/2020) bahwa pihaknya mengirim lima pesawat yang berisi bantuan kemanusiaan ke Lebanon.

Bantuan tersebut ditujukan kepada Lebanon setelah ledakan besar yang mengguncang Beirut pada Selasa (4/8/2020).

Pesawat tersebut akan berisi peralatan dan perlengkapan medis, klinik keliling, dan sejumlah petugas kesehatan sebagaimana dilansir dari Anadolu Agency, Rabu.

Sementara itu Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH) turut membantu evakuasi korban pasca-ledakan di Beirut.

Baca juga: Seperti Inilah Kondisi Beirut, Lebanon, Setelah Ledakan yang Tewaskan 100 Orang

Sukarelawan dari IHH menggali melalui puing-puing untuk mencari korban selamat dan korban lain.

Kelompok itu juga memobilisasi dapur umum di sebuah kamp pengungsi Palestina untuk mengirimkan makanan kepada mereka yang membutuhkan di Lebanon.

“Kami menyediakan bantuan dengan satu ambulans untuk memindahkan pasien. Kami dapat memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan rumah sakit,” kata salah satu pejabat IHH, Mustafa Ozbek.

Pemerintah Turki juga menawarkan bantuan dengan membangun rumah sakit lapangan dan membantu sesuai kebutuhan.

Baca juga: 7 Fakta Ledakan di Beirut, Lebanon, Setara Seperlima Ledakan di Hiroshima

"Kami telah menyampaikan tawaran kami untuk membantu dan kami mengharapkan tanggapan dari pihak Lebanon," kata seorang pejabat senior Turki kepada Reuters.

Di sisi lain, Perancis akan mengirim dua pesawat militer ke Lebanon pada Rabu yang berisikan ahli pencarian dan penyelamatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X