Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Benar Simpan Bumbu Kering agar Terjaga Keharumannya

Kompas.com - 14/07/2022, 10:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com  - Ada dua macam bumbu dapur yaitu bumbu kering dan bumbu basah. Bumbu basah meliputi kunyit, lengkuas, temu kunci, dan bawang putih. 

Selain itu, bumbu kering meliputi merica, biji pala, kayu manis, dan kapulaga. Kalau kamu punya beberapa bumbu kering yang disebutkan ini, kamu bisa mengikuti cara simpan yang benar agar fungsinya terjaga maksimal. 

Baca juga:

1. Simpan di rak penyimpanan

Dilansir dari laman MyRecipes, simpan rempah atau bumbu kering lainnya di rak penyimpanan. Jauhkan dari panas matahari atau uap panas masakan. Maka bumbu akan awet selama berminggu-minggu bahkan bulan.

2. Jangan menambahkan bumbu kering di atas wajan panas

Beberapa orang pasti pernah menuangkan bumbu kering langsung di atas wajan panas. Sebaiknya hal tersebut dihindari agar bumbu tetap terjaga dalam keadaan kering.

Mengocok dan menuangkan bumbu di atas wajan panas mungkin bisa membuat uap panas masakan masuk dan membuat bumbu menjadi lembab.

3. Simpan bumbu kering dalam wadah buram

Dalam laman tersebut juga menyebutkan untuk menyimpan rempah atau bumbu kering ke dalam wadah buram. Cara simpan bumbu kering di stoples kaca bening bisa memengaruhi rasa dari rempah-rempah yang mana bisa membuat bumbu cepat apek.

Pilah mana bumbu dan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa atau tidak akan lagi dimakan, kemudian rapikan wadah bumbu-bumbu dapur.UNSPLASH/HEATHER MCKEAN Pilah mana bumbu dan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa atau tidak akan lagi dimakan, kemudian rapikan wadah bumbu-bumbu dapur.

 

4. Beli bumbu kering secukupnya

Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher menyarankan untuk tidak membeli bumbu kering dalam jumlah banyak.

Kalau kamu ingin membeli bumbu kering dalam tekstur bubuk pilih yang kemasannya kecil agar tidak mudah rusak.

Baca juga:

5. Simpan bumbu di wadah kedap udara

Dalam buku tersebut juga menyarankan untuk menyimpan bumbu kering dalam wadah kedap udara untuk menjaga aroma khas dari bumbu.

6. Sangrai dulu bila ingin membuat bumbu bubuk

Bumbu kering juga bisa diolah menjadi bumbu bubuk. Kamu bisa mengolahnya dengan cara disangrai agar bumbu lebih harum. Setelah itu tunggu dingin dan haluskan bumbu kering.

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com