Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Bikin Kue Kering yang Awet dan Tidak Gampang Rusak

Kompas.com - 08/04/2024, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Lebaran, jika kamu merencanakan untuk membuat aneka kue kering sebagai suguhan. Ada beberapa kunci sukses membuat kue kering.

Sederet tips yang satu ini, mengungkap cara membuat kue kering yang awet, tahan lama, dan tidak gampang rusak.

Dilansir dari buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 96 Resep berbisnis Kue Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada, simak dan ikuti cara bikin kue kering.

Baca juga:

1. Mengocok adonan

Kunci membuat kue kering yang lembut, empuk, dan hasilnya prul adalah dengan tidak mengocok adonan terlalu lama. Pada saat mengocok mentega atau margarin dengan gula halus ada baiknya untuk mengikuti saran resep yang sudah diuji.

Selain itu, jika kamu menggunakan mikser maka gunakan dengan kecepatan sedang atau sampai semua bahan larut.

2. Mengaduk adonan

Masukkan semua bahan kering ke dalam wadah, aduk adonan hanya sampai tercampur. Cara mengaduk adonan tersebut bisa membuat hasilnya lembut dan tidak bantat.

Ilustrasi adonan kue kering sendok yang belum dipanggang. PIXABAY/ Aline Ponce Ilustrasi adonan kue kering sendok yang belum dipanggang.

3. Hindari menambahkan tepung terigu pada adonan

Jika adonan kue kering terasa lembek, jangan menambahkan tepung terigu. Namun istirahatkan beberapa menit di suhu ruang kemudian simpan dalam lemari es. Cara ini bisa membuat hasilnya tidak keras dan kue tidak bau tepung.

4. Cara membuat kue kering yang kering dan krispi

Ada tips membuat kue kering yang krispi dan renyah yaitu sangrai atau jemur tepung terigu. Jika kamu tidak sempat menyangrai tepung, maka campurkan tepung terigu dengan tepung maizena.

Gunakan jumlah tepung sebanyak 25 persen dari jumlah tepung terigu.

Ilustrasi membentuk adonan kue semprit. SHUTTERSTOCK/Odua Images Ilustrasi membentuk adonan kue semprit.

5. Letakkan kue kering matang di atas kertas roti

Gunakan kertas roti sebagai alas kue kering agar lemak atau minyaknya terserap. Masukkan dalam stoples kedap udara setelah kue benar-benar dingin.

Buku "Buku Seri Wirausaha Kuliner Edisi Lebaran – 96 Resep berbisnis Kue Lebaran" (2015) oleh Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada bisa dibeli di Gramedia.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com