Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Hotplate ala Restoran Taiwan di Bogor, Ada Topping Se'i Sapi dan Lobster

Kompas.com - 02/04/2022, 14:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Formost, restoran masakan Taiwan di Bogor menghadirkan hotplate dengan berbagai topping.

Effendy, pemilik sekaligus pengelola Formost, mengatakan bahwa hotplate yang ia bawa dari Taiwan ke Indonesia mengalami banyak perubahan. Baik dari segi penyajian, saus, hingga variasi topping.

Setidaknya ada sembilan variasi hotplate yang dapat kamu nikmati di Formost.

Baca juga:

1. Lobster Hotplate

Losbter Hotplate ala Formost, restoran masakan Taiwan di Bogor. KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Losbter Hotplate ala Formost, restoran masakan Taiwan di Bogor.

Jika biasanya lobster identik dengan cangkang yang besar dan daging yang sedikit, maka lain halnya dengan lobster di Formost yang menyajikan daging lobster berukuran besar.

"Lobster yang digunakan langsung didatangkan dari Makassar, karena di sana yang paling segar hasil lautnya," kata Effendy saat ditemui oleh Kompas.com pada Selasa (29/3/2022).

Penyajian lobster di atas hotplate pun sudah dalam keadaan dipotong memanjang menjadi dua bagian, sehingga memudahkan pelanggan saat memakannya. 

2. Salmon Hotplate

Effendy mengatakan salmon yang digunakan untuk topping hotplate yaitu daging salmon Norwegia.

Sebelum disajikan di atas hotplate, potongan daging salmon akan dibumbui menggunakan bumbu khas Formost terlebih dahulu. Kemudian disajikan hangat dengan siraman saus.

3. Udang Hotplate

Prawn Hotplate di Formost, restoran masakan Taiwan di Bogor. KOMPAS.com/MAULANA MAHARDHIKA Prawn Hotplate di Formost, restoran masakan Taiwan di Bogor.

Serupa dengan lobster, udang yang digunakan untuk topping hotplate di Formost juga didatangkan langsung dari perairan Makassar. 

"Jenis udang yang kita gunakan itu king prawn, ukurannya lebih besar," katanya.

Udang disajikan dalam keadaan sudah dipotong menjadi dua bagian. Bagian tengah daging diiris memanjang supaya saus yang digunakan meresap saat hotplate disajikan.

4. Se'i Sapi Hotplate

Se'i sapi merupakan salah satu makanan yang pernah populer di Indonesia, sehingga dijadikan sebagai salah satu pilihan menu di Formost.

Se'i sapi merupakan teknik mengolah daging sapi secara tradisional yang populer di Nusa Tenggara Timur.

Effeny mengatakan, supaya kualitas se'i sapi tetap terjaga, se'i sapi yang disajikan di Formost langsung diolah oleh orang Flores, NTT.

Baca juga:

5. Tenderloin Hotplate

Daging yang digunakan di Formost yaitu tenderloin. Daging tenderloin terkenal karena teksturnya yang lembut dan juicy. Selain bisa jadi topping hotplate, striploin biasanya juga diolah menjadi steak.

Topping tenderloin bisa disantap dengan siraman saus barbeku khas Formost.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com