Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Potong Tenderloin agar Bebas Lemak, Tantangan Peserta MasterChef Indonesia

Kompas.com - 12/12/2020, 18:08 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta 3 besar MasterChef Indonesia season 7 ditantang membuat beef pinwheels dari tenderloin utuh pada episode Sabtu (12/12/2020).

Beef pinwheels adalah daging sapi gulung isi berbagai sayuran atau rempah. Cara masaknya panggang maupun pan-seared.

Cara memotong daging sapi bagian tenderloin utuh terlihat sederhana tetapi membutuhkan teknik khusus agar bebas lemak seperti dilansir dari Serious Eats berikut.

Baca juga: Apa Bedanya Tenderloin dengan Sirloin? Pilihan Umum di Restoran Steak

1. Sisihkan pinggiran daging

Letakkan tenderloin utuh di atas talenan lebar. Kamu akan menemukan bagian berlemak yang seperti menggantung di pinggir daging. Potong bagian tersebut.

Cara memotong bagian lemak tersebut, pegang ujungnya yang dekat dengan sisi tenderloin, tarik kencang menjauh dari daging. Kalau susah, iris pakai pisau tajam.

Kamu dapat menyimpan bagian lemak ini untuk ditumis atau masak semur.

Ilustrasi tenderloin yang masih ada bagian lemaknya. SHUTTERSTOCK/TANIA CASTAN Ilustrasi tenderloin yang masih ada bagian lemaknya.

2. Iris bagian paling luar tenderloin

Tenderloin utuh diselimuti jaringan ikat berwarna putih gading merah muda, bagian ini cukup tebal.

Tusuk pisau tajam ke bawah bagian ini, bisa di tengah atau pinggir daging. Iris perlahan dengan posisi pisau agak miring ke atas sampai jaringan ikat putus.

Usahakan pisau sedekat mungkin dengan permukaan daging agar nantinya tidak banyak daging yang terpotong, hanya jaringan ikatnya.

Kalau kamu memotong jaringan ikat dari tengah, iris ke arah pinggir daging, lalu balik ke bagian yang jaringan ikatnya masih belum terpotong. Caranya tetap sama, posisi pisau agak miring ke atas.

3. Buang sisa lemak yang menempel

Setelah mengiris jaringan ikat, biasanya masih ada lemak yang menempel di daging. Buang bagian tersebut, iris menggunakan pisau. Perlahan saja, jangan sampai daging ikut terbuang.

Ilustrasi beef pinwheels, steak daging sapi gulung. SHUTTERSTOCK/JAMIE WILSON Ilustrasi beef pinwheels, steak daging sapi gulung.

4. Potong lemak pada ujung tenderloin

Terdapat daging berlemak banyak di bagian ujung tenderloin. Di antara kedua bagian ini ada sedikit jaringan ikat dan lemak.

Gunakan ujung pisau untuk memotong bagian daging berlemak sampai terputus. Daging tenderloin utuh pun siap untuk diolah.

Kalau untuk beef pinwheels, potong tenderloin secara horizontal dari bagian tengah daging. Iris terus sampai tenderloin terbuka sepenuhnya.

Kamu juga dapat menggilas daging menggunakan rolling pin agar tebalnya sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com