Kompas.com - 25/11/2020, 11:12 WIB
bakso lobster dari santapdirumah Dok. Instagram @santapdirumahbakso lobster dari santapdirumah

KOMPAS.com - Lobster perlu diolah dengan hati-hati. Selain faktor harga yang mahal, cara mengolah lobster yang salah membuat dagingnya jadi alot.

Berikut adalah cara memilih, membersihkan, dan memasak daging lobster yang benar agar mendapatkan hasil masakan lobster terbaik.

Baca juga: Bakso Lobster Lagi Viral, Cobain di 9 Tempat Makan Ini

Cara memilih lobster yang segar

Dalam buku "100 Resep Lezat Sebar Ikan & Seafood" (2011), karya Yuni Pradata, dkk yang diterbitkan oleh Galang Press Media Utama disarankan untuk membeli lobster hidup.

Saat memilih lobster yang masih hidup, lihat apakah kaki lobster cepat merespon sentuhan dan cangkangnya masih keras dan kuat.

Jangan memilih lobster yang sudah tidak terlalu merespon gerakan atau cangkangnya yang sudah lembek.

Bila membeli lobster dalam keadaan beku, pilih yang masih utuh bagian tubuhnya dan berwarna cerah.

Cara membersihkan lobster

Koki Arnold Poernomo dalam tayangan MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (7/11/2020) mempraktikkan cara membersihkan lobster dengan benar.

Baca juga: Bedanya Lobster Air Tawar dengan Lobster Air Laut

1. Pertama cuci lobster menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa pasir yang menempel pada lobster.

2. Lanjutkan dengan merebus air sampah mendidih. Daging lobster yang baru mati biasanya menempel di cangkang, perlu air panas untuk memisahkan daging lobster.

Masukkan lobster ke dalam mangkuk stainless steel, posisinya ekor di bagian bawah. Siram air panas sampai ekor terendam. Diamkan beberapa saat.

Ilustrasi seafood platter, ada udang, lobster, kepiting, kerang dalam satu piring. Dok. Pixabay/ShenXin Ilustrasi seafood platter, ada udang, lobster, kepiting, kerang dalam satu piring.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.