Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Pilih, Bersihkan, dan Masak Lobster yang Benar

KOMPAS.com - Lobster perlu diolah dengan hati-hati. Selain faktor harga yang mahal, cara mengolah lobster yang salah membuat dagingnya jadi alot.

Berikut adalah cara memilih, membersihkan, dan memasak daging lobster yang benar agar mendapatkan hasil masakan lobster terbaik.

Cara memilih lobster yang segar

Dalam buku "100 Resep Lezat Sebar Ikan & Seafood" (2011), karya Yuni Pradata, dkk yang diterbitkan oleh Galang Press Media Utama disarankan untuk membeli lobster hidup.

Saat memilih lobster yang masih hidup, lihat apakah kaki lobster cepat merespon sentuhan dan cangkangnya masih keras dan kuat.

Jangan memilih lobster yang sudah tidak terlalu merespon gerakan atau cangkangnya yang sudah lembek.

Bila membeli lobster dalam keadaan beku, pilih yang masih utuh bagian tubuhnya dan berwarna cerah.

Cara membersihkan lobster

Koki Arnold Poernomo dalam tayangan MasterChef Indonesia season 7 episode Sabtu (7/11/2020) mempraktikkan cara membersihkan lobster dengan benar.

1. Pertama cuci lobster menggunakan air mengalir untuk menghilangkan sisa pasir yang menempel pada lobster.

2. Lanjutkan dengan merebus air sampah mendidih. Daging lobster yang baru mati biasanya menempel di cangkang, perlu air panas untuk memisahkan daging lobster.

Masukkan lobster ke dalam mangkuk stainless steel, posisinya ekor di bagian bawah. Siram air panas sampai ekor terendam. Diamkan beberapa saat.

3. Letakkan lobster secara horizontal di atas talenan dengan kepala di bagian kanan. Ambil pisau, sebaiknya menggunakan yang besar mengingat cangkang lobster cukup keras.

Belah kepala lobster tetapi tidak sampai putus. Pegang bagian kepala dan ekor, putar dan tarik keduanya sampai terlepas. Sisihkan ekor lobster.

4. Letakkan kepala lobster di atas talenan, belah menjadi dua menggunakan pisau. Potong masing-masing bagian menjadi dua.

5. Tekan-tekan ekor lobster sejenak. Arnold menggunakan bantuan lap kain bersih ketika menekan lobster.

Menurut Arnold, untuk membuka cangkang lobster bisa menggunakan pisau atau gunting. Lepaskan daging dari ekornya menggunakan jempol tangan, lakukan perlahan jangan sampai merusak daging.

Cara memasak daging lobster

Sous Chef Aston Anyer Beach Hotel, Faiz Firmansyah, menjelaskan jangan masak daging lobster terlalu lama karena daging lobster mudah alot.

Faiz menyebutkan proses merebus lobster hanya memerlukan waktu dua menit.

Jika kamu memasak lobster dengan cara dibakar atau digoreng maka cangkang harus dikupas terlebih dahulu dan daging lobster dikeluarkan dari cangkangnya.

Kamu bisa membelah lobster di bagian tengah dan membakarnya. Cara tersebut akan memudahkan daging lobster matang merata.

Apabila daging tidak dikeluarkan dari cangkangnya maka daging lobster sulit matang. Sebab panas dari proses masak hanya sampai ke bagian cangkangnya saja.

Lobster cukup dibakar dan digoreng selama tiga menit, dengan begitu dagingnya akan lebih empuk dan tidak keras.

https://www.kompas.com/food/read/2020/11/25/111257275/cara-pilih-bersihkan-dan-masak-lobster-yang-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke