Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Lobster Air Tawar dengan Lobster Air Laut

Kompas.com - 16/07/2020, 21:04 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Berkat bakso lobster, hewan satu ini sedang naik daun. Namun, lobster bukan hanya satu jenis, ada yang disebut lobster air tawar dan ada yang disebut lobster air laut.

Baca juga: 10 Seafood Paling Mahal di Dunia, Ada Ikan Seharga Rp 250 Juta-an

Lobster air laut dan air tawar merupakan dua binatang yang berbeda dari segi habitat, pola makan, serta pola pertumbuhan.

Perbedaannya bisa dilihat dari penampilan habitat dan masih  banyak lagi. Melansir Animals - mom.me, berikut perbedaan dari lobster air tawar dan lobster air laut :

1. Perbedaan dari segi penampilan

Kedua binatang ini sekilas memiliki penampilan yang sangat mirip. Lobster air tawar dan laut sama-sama memiliki dua capit depan yang besar, kulit yang keras dan delapan kaki.

Baca juga: Terkesan Mewah, Kenapa Harga Lobster Mahal?

Namun lobster air tawar terbilang berukuran lebih kecil dibanding lobster air laut. Rata-rata panjangnya dua sampai enam inci.

Sedangkan lobster air laut biasanya memiliki ukuran sebesar delapan inci ketika dipanen.

Kadang ada juga lobster air laut yang bisa tumbuh hingga 20 inci atau lebih. Jika keduanya disandingkan perbedaan dari bentuknya hanya terlihat di bagaian ukuran besar dan kecilnya.

Sedangkan dilansir oleh DifferenceBetween.net, keduanya memiliki anggota badan yang sama, dan berfungsi untuk bergerak serta mencari makan.

Mereka juga sama-sama menggunakan dua capit besarnya untuk bertahan hidup, dan menyerang musuh.

2. Perbedaan habitat dan makanan

Dari namanya  kita  mengetahui jika kedua lobster ini hidup pada habitat yang berbeda. Lobster air laut hidup di air asin seperti lautan, sedangkan lobster air tawar hidup di air tawar, termasuk danau, sungai, anak sungai, dan kolam.

Walaupun mereka memiliki perbedaan habitat, lobster air tawar dan air laut selalu mencari tempat tinggal yang tersembunyi.

Baca juga: Perjalanan Lobster dari Ransum Narapidana sampai Jadi Makanan Mewah

 

Contohnya di batu karang untuk lobster air laut dan di bawah batu atau pipa untuk lobster air tawar.

Lobster air tawar memangsa ikan kecil, udang, kerang, siput dan hewan laut kecil lainnya.

Sementara lobster air tawar memakan tanaman, serangga, cacing, dan apa saja yang mereka dapat temukan di dasar berlumpur.

3. Sebutan

Kelompok nelayan binaan Pol Airut Polda Aceh membudidaya lobster di kawasan Laut Ulee Lheu, Banda Aceh. Kamis (09/07/2020). Bibit lobster yang dibudidayakan secara alami ini merupakan hasil tangkapan nelayan di perairan laut Aceh yang berukuran dibawah 200 gram yang dibeli dengan harga Rp 130 ribu, kemudian setelah satu bulan dirawat dan  diberi pakan alami lobster ini siap dipanen untuk diekspor dengan harga hingga Rp 700 ribu perkilohramnya.Raja Umar Kelompok nelayan binaan Pol Airut Polda Aceh membudidaya lobster di kawasan Laut Ulee Lheu, Banda Aceh. Kamis (09/07/2020). Bibit lobster yang dibudidayakan secara alami ini merupakan hasil tangkapan nelayan di perairan laut Aceh yang berukuran dibawah 200 gram yang dibeli dengan harga Rp 130 ribu, kemudian setelah satu bulan dirawat dan diberi pakan alami lobster ini siap dipanen untuk diekspor dengan harga hingga Rp 700 ribu perkilohramnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com