Bedanya Lobster Air Tawar dengan Lobster Air Laut

Kompas.com - 16/07/2020, 21:04 WIB
Petugas menunjukkan seekor lobster sebelum dilepaskan ke laut di Kawasan Konservasi Tambling, Lampung, Kamis (23/1/2020). Petugas Bakamla mengamankan sekitaran 30 ekor lobster yang terjebak jaring nelayan saat melakukan patroli laut sekitar daerah Batu Tiang, Kawasan Way Haru, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas menunjukkan seekor lobster sebelum dilepaskan ke laut di Kawasan Konservasi Tambling, Lampung, Kamis (23/1/2020). Petugas Bakamla mengamankan sekitaran 30 ekor lobster yang terjebak jaring nelayan saat melakukan patroli laut sekitar daerah Batu Tiang, Kawasan Way Haru, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

JAKARTA,KOMPAS.com - Berkat bakso lobster, hewan satu ini sedang naik daun. Namun, lobster bukan hanya satu jenis, ada yang disebut lobster air tawar dan ada yang disebut lobster air laut.

Baca juga: 10 Seafood Paling Mahal di Dunia, Ada Ikan Seharga Rp 250 Juta-an

Lobster air laut dan air tawar merupakan dua binatang yang berbeda dari segi habitat, pola makan, serta pola pertumbuhan.

Perbedaannya bisa dilihat dari penampilan habitat dan masih  banyak lagi. Melansir Animals - mom.me, berikut perbedaan dari lobster air tawar dan lobster air laut :

1. Perbedaan dari segi penampilan

Kedua binatang ini sekilas memiliki penampilan yang sangat mirip. Lobster air tawar dan laut sama-sama memiliki dua capit depan yang besar, kulit yang keras dan delapan kaki.

Baca juga: Terkesan Mewah, Kenapa Harga Lobster Mahal?

Namun lobster air tawar terbilang berukuran lebih kecil dibanding lobster air laut. Rata-rata panjangnya dua sampai enam inci.

Sedangkan lobster air laut biasanya memiliki ukuran sebesar delapan inci ketika dipanen.

Kadang ada juga lobster air laut yang bisa tumbuh hingga 20 inci atau lebih. Jika keduanya disandingkan perbedaan dari bentuknya hanya terlihat di bagaian ukuran besar dan kecilnya.

Sedangkan dilansir oleh DifferenceBetween.net, keduanya memiliki anggota badan yang sama, dan berfungsi untuk bergerak serta mencari makan.

Mereka juga sama-sama menggunakan dua capit besarnya untuk bertahan hidup, dan menyerang musuh.

2. Perbedaan habitat dan makanan

Dari namanya  kita  mengetahui jika kedua lobster ini hidup pada habitat yang berbeda. Lobster air laut hidup di air asin seperti lautan, sedangkan lobster air tawar hidup di air tawar, termasuk danau, sungai, anak sungai, dan kolam.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X