Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Penting agar Keripik Kulit Kentang Renyah, Jangan Dilewatkan

Kompas.com - 17/12/2021, 11:07 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Keripik kulit kentang cocok disajikan untuk camilan atau dinikmati sebagai lauk makan.

Guna menambah cita rasanya, keripik kulit kentang umumnya ditambahkan dengan bumbu.

Hanna Suryana Hasri, pemilik usaha Saladin Kentang Magic kepada Kompas.com menjelaskan bahwa dirinya biasa membumbui keripik kentang dengan bumbu balado. 

Bumbu tersebut juga digunakan pada resep kentang mustofa miliknya. 

Baca juga:

Karena diberi bumbui, keripik kentang biasanya menjadi melempem atau tidak renyah. Namun tak perlu khawatir, hal tersebut bisa diatasi dengan cara sederhana. Berikut uraiannya.

Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang. SHUTTERSTOCK/ Ulmus Media Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang.

1. Dioven 

Keripik kulit kentang yang telah dibumbui dapat dikeringkan dengan cara dioven. Hal ini biasa membuatnya lebih renyah karena melalui dua kali proses pemasakan. 

Tak hanya itu, pengeringan menggunakan oven juga bisa membuat keripik kulit kentang tahan lama. Sebab minyaknya telah terserap dengan maksimal.

"Kalau saladin sendiri setelah proses bumbu kita ada proses pengeringan dengan cara dioven,"

Baca juga:

Jika dibandingkan dengan kentangnya, proses pengoven kulit biasanya lebih lama. Pasalnya, kulit kentang lebih basah dan menyerap bumbu lebih banyak.

Ilustrasi keripik kulit kentang. SHUTTERSTOCK/ Currie-Killick Ilustrasi keripik kulit kentang.

2. Bisa disangrai

Pengeringan keripik kulit kentang dapat dilakukan dengan cara manual. Hal ini bisa dilakukan jika kamu tidak memiliki oven. 

Caranya, yakni dengan menyangrai kulit kentang yang telah dibumbui dengan menggunakan api kecil agar bumbu tercampur rata dan hasilnya lebih renyah. 

"Kalau dulu saya masih manual. Jadi kalau misal enggak punya oven dan mau jualan juga, itu saya pakai wajan pakai kecil saya aduk terus. Nanti kan kepanasan tangannya, yasudah diturunin tapi diaduk lagi. Terus nanti baru dinaikin lagi di api kecil sampai dia kering," jelas Hanna. 

Baca juga: Apakah Kulit Kentang Bisa Dimakan? Berikut Penjelasannya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com