Kompas.com - 16/12/2021, 13:04 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada beberapa macam umbi yang kulitnya bisa diolah menjadi aneka hidangan. Salah satunya adalah kentang. 

Kulit kentang bisa diolah menjadi keripik yang renyah dan kaya rasa. Sajian ini bisa dinikmati sebagai camilan atau teman makan nasi hangat. 

Baca juga:

Cara mengolah keripik kulit kentang sebetulnya sederhana, tapi perlu perhatikan khusus agar hasilnya renyah dan tidak bau. 

Pemilik usaha Saladin Kentang Magic, Hanna Suryana Hasri, membagikan cara memasak kulit kentang yang bisa diikuti. Yuk, simak uraiannya. 

Ilustrasi kulit kentang, mengupas kulit kentang. PIXABAY/PASJA1000 Ilustrasi kulit kentang, mengupas kulit kentang.

1. Bersihkan dulu

Sebelum diolah, kulit kentang harus dibersihkan terlebih dulu. Untuk membersihkannya, sikat kulit, kupas, lalu bilas menggunakan air. 

Proses pembilasan harus dilakukan berkali-kali sampai airnya bening. Hal ini perlu dilakukan supaya kulit kentang bersih dan bebas dari tanah. 

"Sebelum dikupas, kita sikat dulu, terus kita kupas. Setelah kita kupas kan baru kita cuci lagi berkali-kali," kata Hanna kepada Kompas.com, Sabtu (11/12/2021).

Baca juga:

2. Tiriskan

Kulit kentang yang sudah dibersihkan perlu ditiriskan terlebih dulu agar tidak menyerap banyak air. Jadi, ketika diolah kulit kentang lebih renyah dan cepat matang. 

3. Goreng sesuai kebutuhan 

Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang. SHUTTERSTOCK/ Ulmus Media Ilustrasi memanggang keripik dari kulit kentang.

Hanna menjelaskan bahwa penggorengan kulit kentang pada dasarnya sama seperti kentangnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.