Kompas.com - 08/12/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi susunan alat makan steak di restoran fine dining. SHUTTERSTOCK/KONDOR83Ilustrasi susunan alat makan steak di restoran fine dining.

KOMPAS.com - Ada aturan makan dalam jamuan resmi yang dikenal dengan istilah table manner.

Mulanya, table manner berasal dari kehidupan para bangsawan di Perancis hingga menjadi hal penting yang harus diterapkan saat menghadiri jamuan formal.

Hal itu disampaikan oleh International Director John Robert Powers Indayati Oetomo saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/12/2021).

"Dengan standar yang sudah ditetapkan secara internasional, etika ini mengatur bagaimana seseorang bersikap sopan saat makan," ujar Indayati.

Lebih lanjut, Indayati menggambarkan table manner sebagai bagian dari kebiasaan seseorang atau cara bersikap di meja makan.

Table manner di setiap negara sudah pasti berbeda sehingga tidak berpatokan pada penggunaan peralatan makan lengkap.

"Makan pakai tangan pun tetap dianggap beretika asalkan tahu sopan santunnya," tutur Indayati.

Menurutnya, peralatan makan lengkap biasanya ditemui dalam acara formal yang menyajikan sajian ala barat.

Baca juga:

Sementara itu, Stefu Santoso, Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant menganggap bahwa table manner merupakan tata cara makan sesuai dengan urutan yang dimulai dari appetizer hingga makanan penutup atau dessert.

"Termasuk bagaimana cara kita menyantap makanan tersebut, ditambah dengan kelengkapan daripada table setting-nya, susunan garpu, sendok, pisau, kemudian napkin, gelas, apa saja yang harus ada di sana," ujar Stefu pada Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.