Kompas.com - 08/12/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi makan di tempat atau dine-in di sebuah restoran. UNSPLASH/ Jay WenningtonIlustrasi makan di tempat atau dine-in di sebuah restoran.

KOMPAS.com - Jenis restoran ada banyak. Dua di antaranya adalah restoran fine dining dan restoran kasual.

Restoran fine dining memiliki kesan mewah yang bisa dilihat dari luar hingga saat menyantap menu yang disajikan.

"Kalau fine dining itu dinilainya dari pengalaman mulai dari masuk sampai dia ke luar," kata Executive Chef di APREZ Catering dan & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso kepada Kompas.com, Jumat (26/11/2021).

Kesan mewah restoran fine dining bisa terlihat dari konsep restoran, peralatan makan yang digunakan, menu, hingga pelayanan yang diberikan pada tamu.

Tamu fine dining akan disambut oleh pelayan dan diantarkan ke meja, lalu diberikan pelayanan penuh selama makan hingga saat akan ke luar dari restoran. 

Peralatan makan restoran fine dining juga sangat lengkap. Alat makan tersedia sesuai dengan menu yang akan disantap oleh tamu.

Tak hanya itu, menu restoran fine dining berbeda dengan restoran kasual. Restoran ini menawarkan menu elegan dengan berbagai pilihan, seperti set menu atau a la carte.

Baca juga:

Menu yang disiapkan langsung oleh para koki profesional di restoran fine dining terlihat sangat menarik.

Pengalaman bagi para tamu seimbang dengan harga yang harus dikeluarkan. Hal ini merupakan salah satu perbedaan mencolok antara fine dining dan restoran kasual.

Menu di restoran fine dining umumnya dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan restoran kasual.

Mengutip WebstaurantStore, restoran kasual yang memberikan suasana lebih santai biasanya menjual menu dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan restoran fine dining.

Meski harga menu restoran kasual lebih murah, tidak sedikit restoran jenis ini yang memberikan pelayanan dan kualitas terbaik dengan kelengkapan fasilitas di restorannya.

 

Kamu dapat memilih jenis restoran mana saja untuk bersantap siang, malam, atau sekadar memesan camilan.

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.