Kompas.com - 23/10/2021, 11:11 WIB
Ilustrasi membalur onde-onde dengan biji wijen. SHUTTERSTOCK/ Ika Rahma HIlustrasi membalur onde-onde dengan biji wijen.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Onde-onde identik dengan jajanan berbentuk bulat, berisi kacang hijau, dan dilapisi dengan wijen.

Cara melapisi onde-onde dengan wijen sebetulnya mudah. Namun ada beberapa faktor yang dapat membuat wijen tidak menempel dengan baik.  Jadi, saat digoreng wijen tersebut rontok. 

Berikut cara melapisi onde-onde dengan wijen menurut penuturan Diding Supriatna, Asisten Chef Dim Sum dari Gran Melia Jakarta.

Baca juga:

1. Gunakan wijen mentah

Ilustrasi biji wijen putih dan wijen di sendok. SHUTTERSTOCK/ Amarita Ilustrasi biji wijen putih dan wijen di sendok.

Wijen yang akan digunakan untuk pelapis onde-onde bisa wijen putih atau hitam. Namun wijen tersebut tidak perlu disangrai agar warnanya bagus. 

"Kalau mau ada variasi warna mungkin wijennya dicampur wijen putih campur hitam. Mentah saja, biar warnanya juga bagus," tutur Diding. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Beda Wijen Putih dan Hitam, dari Tampilan hingga Rasanya

2. Basahi permukaannya

Sebelum digulingkan pada wijen, permukaan onde-onde baiknya dibasahi dulu dengan air. Hal ini dapat membuat wijen menempel dengan sempurna. 

"Setelah pembuatan yang tadi, ditimbang, dibulet-bulet, terus diisi, kemudian kita siapkan air. Kemudian kita celupkan onde-onde yang sudah jadi tersebut ke dalam air," jelas Diding.

Baca juga:

Namun pastikan untuk meniriskan adonan sebelum digoreng agar tidak meletus. Selain itu, tempatkan pula wijen di baki atau nampan lebar agar proses pelapisannya lebih mudah.

"Kemudian tiriskan, beberapa detik, sampai airnya menetes lagi. Kemudian kita masukkan ke dalam wijen. Jadi wijennya di taruh di tempat, kemudian diratakan," tambahnya. 

Ilustrasi onde-onde berlapis wijen sebelum digoreng. SHUTTERSTOCK/ Agung bayu Ilustrasi onde-onde berlapis wijen sebelum digoreng.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.