Kompas.com - 23/10/2021, 09:09 WIB
Onde-onde kekinian isi cokelat KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESOnde-onde kekinian isi cokelat
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Onde-onde merupakan salah satu camilan khas peranakan yang disukai semua kalangan. Onde-onde berbentuk bulat kopong dengan isian kacang hijau.

Cara membuat onde-onde sebetulnya praktis, bahkan resepnya bisa dikreasikan dengan berbagai bahan tambahan. Namun jika pembuatannya keliru onde-onde akan kempis dan tidak mengembang. 

Baca juga:

Untuk mencegahnya, berikut cara membuat onde-onde agar tidak kempis menurut Diding Diding Supriatna, Asisten Chef Dim Sum dari hotel Gran Melia Jakarta.

1. Pemilihan tepung

Bahan utama onde-onde adalah tepung ketan. Selain tepung ketan, kamu bisa memakai tepung lainnya, seperti tepung tangmien. Atau, dapat juga menggunakan campuran keduanya

"Karena beda tempat, beda recipe, mungkin kalau yang dulu saya pernah bikin, pakai tepung tangmien. Kemudian ditambahin tepung ketan, kasih gula, kemudian kita kasih air dingin," jelasnya Diding kepada Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi tepung beras ketan. SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES Ilustrasi tepung beras ketan.

Beberapa resep onde-onde juga menambahkan bahan lain untuk campuran, misalnya tepung tapioka dan kentang. Menurut Diding sebetulnya hal tersebut boleh saja, tapi dapat memengaruhi tekstur kulit setelah digoreng.

"Kalau yang onde-onde enggak pakai campuran tepung lain, modern sekarang ini, lebih crispy. Cukup dengan tepung ketan, gula, sama soda saja," katanya.

2. Takaran bahan

Cara membuat onde-onde agar tidak keras yakni dengan memastikan bahwa takaran masing-masing bahan sesuai. Namun takaran tersebut bisa disesuaikan dengan resep dan kebutuhan.

Baca juga:

3. Keuletan adonan

Adonan kulit onde-onde harus cukup air agar saat digoreng tidak pecah dan teksturnya empuk. 

“Kemungkinan kalau adonannya pecah itu terlalu keras, kurang air. Kalau begitu ya tinggal ditambahin air saja," ungkap Diding.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.