Kompas.com - 03/03/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi kelapa parut kukus untuk taburan kue tradisional Indonesia. SHUTTERSTOCK/ELLY SUHAILEEIlustrasi kelapa parut kukus untuk taburan kue tradisional Indonesia.

KOMPAS.com - Cara memarut kelapa terlihat mudah, tetapi ada trik tertentu agar bentuknya sesuai masakan yang diinginkan. Bikin wingko babat dengan parutan kelapa memanjang, misalnya.

Bentuk parutan kelapa yang memanjang juga dapat menghasilkan santan lebih banyak. Sajian Sedap membagikan cara memarut kelapa agar bentuknya memanjang seperti berikut.

Baca juga: Resep Wingko Babat, Belajar dari Kesalahan Faiz MasterChef Indonesia

Cara memarut kelapa

Sebelum memarut kelapa, siapkan dulu peralatan yang diperlukan. Di antaranya adalah parutan kayu maupun stainless steel, saringan atau kain bersih tipis, dan 2 baskom.

Ilustrasi kelapa parut untuk membuat unti kelapa. SHUTTERSTOCK/SUNHAJI Ilustrasi kelapa parut untuk membuat unti kelapa.

Lakukan langkah berikut untuk memarut kelapa:

1. Potong kelapa utuh menjadi beberapa bagian. Ukurannya sesuaikan dengan ukuran tangan.

2. Letakkan parutan di atas baskom. 

3. Perhatikan arah serat kelapa. Parut mengikuti arah serat tersebut.

4. Parut kelapa dengan gerakan dari atas ke bawah.

5. Tuang air suhu ruang matang ke baskom parutan kelapa.

6. Letakkan saringan di atas baskom kosong. Peras kelapa parut sampai habis.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X