Kompas.com - 03/03/2021, 15:04 WIB
Ilustrasi wingko babat, kue tradisional khas Lamongan. Sajikan dengan secangkir kopi. SHUTTERSTOCK/LEARNMOREANDMOREIlustrasi wingko babat, kue tradisional khas Lamongan. Sajikan dengan secangkir kopi.

KOMPAS.com - Cara membuat wingko babat bisa menggunakan oven maupun wajan teflon. Hasilnya bisa sama-sama punya tekstur empuk dan rasa manis gurih.

Jajan tradisional dari Lamongan ini terbuat dari tepung ketan dan kelapa parut. Rasa gurih khas kelapa parut membuat sajian ini cocok disantap bersama teh maupun kopi manis.

Langsung ikuti resep wingko babat ala Sisca Soewitomo dalam buku "Step by Step: 50 Resep Kue & Cake Manis" terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga: Resep Wingko Babat Coklat Keju, Panggang Pakai Teflon

Resep wingko babat

Bahan

  • 125 gram tepung ketan
  • 1 buah kelapa setengah tua, kupas dan parut memanjang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 100 ml air hangat
  • 100 gram gula pasir

Baca juga: 6 Kuliner Khas Lamongan Selain Soto, Ada Wingko Babat dan Sego Boranan

Cara membuat wingko babat

1. Campur tepung ketan dengan kelapa parut, garam, dan vanili bubuk. Aduk rata.

2. Campur air hangat dengan gula pasir, aduk sampai gula larut.

3. Tuang larutan gula ke dalam adonan. Uleni adonan sampai padat.

4. Bagi adonan menjadi 20 bagian. Bentuk bulat pipih.

5. Alasi loyang dengan daun pisang, taruh adonan wingko di atasnya. Panggang wingko babat sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Kamu juga dapat memanggang wingko babat menggunakan wajan teflon antilengket. Bisa juga alasi dulu dengan daun pisang. Panggang sampai warnanya kecoklatan.

Angkat dan sajikan wingko babat.

Buku "Step by Step: 50 Resep Kue & Cake Manis" karya Sisca Soewitomo terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X