7 Tempat Kuliner Malam di Banyuwangi, Ada Sego Tempong Mbok Wah

Kompas.com - 26/10/2020, 18:28 WIB
Pekerja di Nasi Tempong Mbok Wah memakai alat perlindungan diri. DOK. BIRO KOMUNIKASI KEMENPAREKRAFPekerja di Nasi Tempong Mbok Wah memakai alat perlindungan diri.


KOMPAS.com – Jalan-jalan keliling Kabupaten Banyuwangi di waktu malam hari sepertinya tidak pas jika tidak ikut menikmati ragam sajian kulinernya yang khas.

Ada banyak sekali pilihan kuliner malam di sekitar Kabupaten Banyuwangi. Mulai dari sajian rujak soto, nasi tempong, rawon, sampai nasi cawuk. Berikut ini 7 tempat kuliner malam di Banyuwangi seperti dilansir dari berbagai sumber.

Baca juga: 15 Makanan Khas Banyuwangi, Banyak yang Unik, Salah Satunya Botok Tawon

1. Pondok Rujak Soto

Rujak soto adalah kuliner nyentrik khas Banyuwangi. Rujak soto merupakan campuran rujak sayur yang memakai bumbu kacang dan petis dengan soto babat.

Baca juga: 300 Warung Rakyat di Banyuwangi Dapat Sertifikat Kesehatan, Wisata Kuliner Lebih Tenang

Pondok Rujak Soto termasuk salah satu kedai yang terkenal menjual rujak soto di Banyuwangi. Dilansir Tribun Travel, Pondok Rujak Soto terletak di Jalan Basauki Rahmat, No. 113, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Di sini tersedia rujak soto di Pondok Rujak Soto yang dilengkapi telur rebus dengan kuah yang sedikit hitam.

Sotonya sendiri berisikan babat, usus, dan tetelan sapi. Rujak soto punya citarasa unik, perpaduan rujak yang pedas segar dan kuah soto yang gurih.

Pondok Rujak Soto buka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Harga seporsi rujak soto berkisar mulai dari Rp 20.000 saja.

Soto lidah di Warung Pak Salim, Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, Jawa Timur.KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Soto lidah di Warung Pak Salim, Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Soto Pak Salim

Selain Pondok Rujak Soto, ada juga Soto Pak Salim. Tempat ini menawarkan tak hanya rujak soto tapi juga aneka jenis soto lain seperti soto daging, soto lidah, soto babat, hingga soto paru.

Dilansir dari Kompas.com, soto lidah jadi salah satu sajian favorit di Soto Pak Salim ini. Berbeda dari soto kebanyakan, soto di sini punya kuah yang lebih pekat, kental, dan kaya bumbu.

Selain soto tempat ini juga menawarkan aneka sajian lain seperti nasi goreng, capcay, dan mi goreng.

Warung Soto Pak Salim terletak di Jalan A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.30-10.30 WIB.

Nasi Tempong Mbok Wah di Banyuwangi. DOK. BIRO KOMUNIKASI KEMENPAREKRAF Nasi Tempong Mbok Wah di Banyuwangi.

3.  Sego Tempong Mbok Wah

Nasi atau sego tempong khas Banyuwangi jadi salah satu sajian yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana.

Nasi tempong berisikan nasi putih, tempe, tahu, ikan asin, sayuran rebus seperti bayam, kol, dan terong. Tentu saja ditambah sambal khas yang baru diulek ketika ada pemesanan. Membuatnya makin segar.

Baca juga: Makan di Nasi Tempong Mbok Wah Banyuwangi pada Era New Normal, Seperti Apa Aturannya?

Nasi Tempong Mbok Wah termasuk salah satu yang paling legendaris di Banyuwangi.

Dilansir dari Kompas.com, menurut Towi, pengelola rumah makan Sego Tempong Mbok Wah, warung ini bisa menghabiskan lima kilogram cabai rawit hanya untuk sambalnya saja.

Harganya sendiri sangat bersahabat, mulai dari Rp 7.000 kamu bisa menikmati kuliner pedas ini.

Sego Tempong Mbok Wah berlokasi di Jalan Gembrung No. 220, Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Warung ini buka setiap hari pukul 08.00-23.00 WIB.

4. Ayam Pedas Rantinem

Ayam Pedas Ibu Rantinem termasuk warung legendaris di Banyuwangi, telah ada sejak tahun 1970-an dan tetap populer hingga kini.

Ayam yang digunakan merupakan ayam kampung. Sehingga kualitasnya lebih baik dengan rasa gurih dan tekstur yang khas.

Sebelum dicampur dengan bumbu berkuah santan pedas, ayam kampung dibakar lebih dahulu. Menambah cita rasa pada ayamnya. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 27.000 per porsi.

Ayam Pedas Rantinem terletak di Dusun Krajan, Genteng Kulon, Genteng, Banyuwangi. Warung ini buka setiap hari pukul 16.00-03.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X